Ilustrasi UMKM. MI/Adam
Ilustrasi UMKM. MI/Adam

Kemenparekraf Fasilitasi Pelaku Ekraf Kembangkan Usaha

Ekonomi Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno Kemenparekraf
Nia Deviyana • 09 Agustus 2021 11:58
Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan menggelar rangkaian acara bertajuk Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021.
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjelaskan bahwa program ini merupakan bentuk apresiasi dan pengembangan usaha dari Kemenparekraf untuk para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia. Ada delapan sektor yang menjadi sasaran yaitu kuliner, kriya, fesyen, musik, film, animasi, aplikasi, dan permainan.
 
"Para peserta akan dibimbing super mentor yang punya kompetensi mumpuni di bidangnya masing-masing. Terbaik dari yang terbaik," ujar Sandiaga melalui keterangan tertulisnya, Senin, 9 Agustus 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Super mentor ini nantinya bakal memberikan pelatihan kepada para peserta sesuai dengan kompetensinya. Mereka yang terlibat di antaranya Magdalena (Youtuber bidang kuliner, entrepreneur), Rex Marindo (Founder Warunk Upnormal), Nilam Sari (Founder Kebab Baba Rafi), Yasa Singgih (Founder Men’s Republic), Happy Salma, Ridho 'Slank', Adib Hidayat, Yuda Wirafianto, hingga Sandiaga Uno sendiri.
 
"Yang jelas manfaat AKI ini cukup besar ya. Dibimbing mentor terbaik, publikasi produk dan peningkatan penjualan, sampai perluasan jaringan bisnis," tambah Sandiaga.
 
Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, musik, film, animasi, aplikasi, dan permainan.
 
Ajang ini akan diselenggarakan di 16 Kota/Kabupaten di Indonesia, di antaranya Bogor, Bandung, Semarang, Surakarta, Banyumas, Pekalongan, Banyuwangi, Surabaya, Malang, Denpasar, Lombok, Medan, Palembang, Bandar Lampung, Makassar, dan Balikpapan.
 
Pendaftaran akan ditutup 13 Agustus 2021. Peserta yang ingin mendaftar bisa melakukannya dengan membuka laman www.apresiasikreasiindonesia.com.
 
Selepas pendaftaran, produk dari tiap peserta akan dikurasi, untuk selanjutnya yang terpilih akan mengikuti kegiatan di 16 kota. Produk terbaik dari setiap kota akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengikuti pameran di Jakarta.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif