Nelayan di Natuna. Foto : Media Indonesia.
Nelayan di Natuna. Foto : Media Indonesia.

Nelayan NTT Tetap Melaut di Tengah Pandemi Korona

Ekonomi nelayan
Antara • 03 Mei 2020 11:56
Kupang: Para nelayan di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), tetap melaut untuk mencari ikan di tengah pandemi virus korona jenis baru atau covid-19.
 
"Sekarang memang ada virus, tetapi nelayan tetap melaut demi kelangsungan hidup keluarga," kata Ketua Seksi Informasi dan Komunikasi Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Kupang Wahab Sidin di Kupang dikutip dari Antara, Minggu, 3 Mei 2020.
 
Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan dampak covid-19 terhadap sekitar 1.000 nelayan di daerah tersebut, yang selama ini menggantungkan hidup dari melaut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, semua nelayan telah diimbau untuk selalu waspada serta taat pada aturan, dan arahan dari pemerintah agar bisa terhindar dari covid-19.
 
Dia mengatakan, sejak adanya virus korona jenis baru (covid-19) harga ikan di pasaran anjlok, dan berdampak pada penurunan pendapatan nelayan.
 
"Tetapi kalau tidak beroperasi, maka mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarga sehari-hari," kata Wahab Sidin.
 
Stefanus Pale, seorang nelayan yang ditemui terpisah mengatakan, bersama rekan-rekannya tetap melaut seperti biasa.
 
"Kami tetap beroperasi, tetapi sebelum kembali ke rumah untuk berkumpul dengan keluarga, kami membersihkan diri terlebih dahulu di pantai," katanya.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif