Kereta Bandara. Foto : MI.
Kereta Bandara. Foto : MI.

Mulai Minggu, Kereta Bandara Hentikan Operasional Sementara

Ekonomi kereta bandara
Suci Sedya Utami • 09 April 2020 20:13
Jakarta: PT Railink bakal menghentikan sementara operasional kereta api (KA) Bandara Soetta, Jakarta dan KA Bandara Kualanamu, Medan. Hal ini seiring meningkatnya angka penyebaran virus covid-19 di Tanah Air khususnya di Jakarta. Oleh karenanya Railink ikut serta melakukan upaya preventif.
 
Upaya preventif lainnya dalam pencegahan penyebaran yang telah dilakukan Railink selama ini antara lain penerapan physical distancing, pembersihan kereta dan stasiun secara rutin, penyemprotan cairan disinfektan, penyediaan hand sanitizer, pembagian masker, pengukuran suhu tubuh penumpang hingga mewajibkan seluruh penumpang untuk menggunakan masker saat menggunakan layanan KA bandara baik di area stasiun maupun dalam KA bandara.
 
"PT Railink akan berhenti beroperasi sementara mulai 12 April sampai dengan 31 Mei 2020 dan akan terus dievaluasi. Hal ini sebagai antisipasi penyebaran covid-19 dan mendukung penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta," kata Plt Direktur Utama Railink Mukti Jauhari dalam keterangan resmi, Kamis, 9 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejalan untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait pembatasan sektor transportasi, Railink telah melaksanakan penyesuaian operasional KA bandara Soetta dan KA Bandara Kualanamu sejak Maret 2020.
 
Untuk jumlah perjalanan KA Bandara Soetta sejak 1-18 Maret 70 perjalanan, 19-22 Maret 46 perjalanan, 23-29 Maret 20 perjalanan, 30 Maret-9 April 10 perjalanan dan 10-11 April empat perjalanan.
 
Sementara untuk KA Bandara Kualanamu sejak 1-18 Maret 50 perjalanan, 19-22 Maret 32 perjalanan, 23-29 Maret 16 perjalanan, 30 Maret-9 April 12 perjalanan.
 
Bagi penumpang yang telah memiliki tiket dapat melakukan pengembalian 100 persen di luar bea pemesanan dengan menyertakan bukti tiket dan bukti transaksi ke email info@railink.co.id.
 
"PT Railink akan terus memantau perkembangan situasi dan akan melakukan langkah antisipasi yang diperlukan untuk memulai kembali layanan KA bandara nantinya saat situasi mulai membaik," jelas Mukti.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif