Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

RUU Ciptaker Tingkatkan Kualitas Tenaga Kerja

Ekonomi Omnibus Law
M Sholahadhin Azhar • 04 Agustus 2020 00:59
Jakarta: Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker) didesain mendatangkan investasi. Pemodalan secara tak langsung meningkatkan kualitas tenaga kerja.
 
Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatra Utara Gunawan Benjamin menyebut kemudahan menanam modal akan memperluas lapangan pekerjaan. Secara kualitas, tenaga kerja Indonesia otomatis meningkat.
 
"Jadi memang secara umum RUU Cipta Kerja ini kita harapkan bisa menjadi jembatan agar investor bisa masuk ke Indonesia," kata Benjamin saat dihubungi, Senin, 3 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, rancangan aturan itu menjamin kepastian hukum bagi pemodal. Hal ini mendesak dilakukan supaya investasi di Tanah Air berlimpah.
 
Sebab Indonesia punya pesaing berat di Asia Tenggara. Misalnya Vietnam, Malaysia, Singapura.
 
"Itu sebenarnya adalah negara-negara yang menjadi pesaing kita untuk membuka diri untuk investor datang ke negara kita," kata Benjamin.
 
Baca:Hubungan Industrial Pengusaha-Buruh Terjembatani dengan RUU Ciptaker
 
Di sisi lain, rancangan beleid itu juga mendukung kesepakatan antara pekerja dan pengusaha. Contohnya terkait sistem jam kerja yang mengarah pada peningkatan kualitas.
 
Menurut Benjamin, pengubahan budaya jam kerja bisa diupayakan dengan kesepakatan antara dua pihak. Titik temunya, yakni terkait produktifitas pekerja. Sebab banyak negara maju tak mengedepankan jam kerja dalam pekerjaan, melainkan hasil bekerja.
 
"Kita memang harus berubah budayanya. Tidak bisa seperti yang sekarang ini. Tidak bisa hanya mengharapkan dengan regulasi yang ada yang kita jalani sekarang," ujar Benjamin.
 
(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif