Ilustrasi pekerja di tambang batu bara - - Foto: dok AFP
Ilustrasi pekerja di tambang batu bara - - Foto: dok AFP

Kebutuhan Batu Bara Nasional Tahun Ini Dipatok 166 Juta Ton

Ekonomi batu bara Kementerian ESDM Ketahanan Energi DMO Batu Bara Pengusaha tambang batu bara Larangan Ekspor Batu Bara
Insi Nantika Jelita • 26 Januari 2022 17:35
Jakarta: Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial memastikan ada peningkatan jumlah pemanfaatan batu bara untuk kepenuhan dalam negeri di tahun ini. Di 2021, produksi batu bara dalam negeri mencapai 614 juta ton dengan terealisasi 133 juta ton untuk dalam negeri.
 
"Dari sisi pemanfaatan batu bara, pada 2021 produksi telah mencapai 133 juta ton dari sisi kebutuhan dalam negeri. Ini akan meningkat menjadi 166 juta ton di 2022 dengan mengutamakan kepentingan dalam negeri," jelasnya dalam webinar Indonesia Economic Outlook 2022, Rabu, 26 Januari 2022.
 
Batu bara yang diproduksi sebagian besar dikonversi menjadi tenaga listrik. Selain itu juga digunakan untuk industri dan rumah tangga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ego menambahkan, pemanfaatan batu bara harus memerhatikan isu lingkungan, seperti tingginya emisi karbon yang dihasilkan di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan bakal berdampak ke lingkungan jika tidak dilakukan kaidah pertambangan yang baik.
 
Di satu sisi, Sekjen ESDM mengatakan, pemerintah mendorong hilirisasi batu bara dengan mengganti Liquified Petroleum Gas (LPG) dengan Dimethyl Ether (DME). "Untuk merealisasikan hilirisasi batu bara, baru saja kemarin Bapak Presiden Joko Widodo melakukan groundbreaking proyek DME di Tanjung Enim, Sumatra Selatan," jelas Ego.
 
Sebelumnya, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menerangkan, pembangunan industri hilir batu bara di Kabupaten Muara Enim, merupakan investasi terbesar kedua yang melibatkan perusahaan asal Amerika Serikat (AS).
 
Untuk tahap awal, proyek yang digawangi Air Products and Chemicals Inc., PT Pertamina dan PT Bukit Asam itu diproyeksikan akan menghabiskan biaya Rp33 triliun.
 
"Ini investasi cukup besar. Investasi kedua terbesar setelah Freeport untuk tahun ini," ucap Bahlil memberi laporan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada acara groundbreaking proyek hilirisasi batu bara di Muara Enim, Sumatra Selatan, Senin, 24 Januari 2022.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif