UU Cipta Kerja. Foto : Medcom.
UU Cipta Kerja. Foto : Medcom.

Pemerintah Bakal Roadshow Sosialisasi Aturan Pelaksana UU Cipta Kerja

Ekonomi kementerian sosial UU Cipta Kerja
Eko Nordiansyah • 24 November 2020 18:50
Jakarta: Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan menggelar sosialisasi di berbagai daerah terkait aturan pelaksana Undang-Undang (UU) Cipta Kerja. Rencananya sosialisasi akan dimulai pekan ini, bekerja sama dengan sejumlah kementerian/lembaga (K/L).
 
Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan pemerintah akan membentuk tim serap aspirasi masyarakat. Tujuannya, tim ini akan menyosialisasikan sekaligus menerima masukan dari masyarakat.
 
"Mulai besok, Kamis kami juga menjadwalkan di semua kota besar seluruh Indonesia kami beserta seluruh K/L terkait nanti akan bergantian menyampaikan penjelasan dan melakukan serap aspirasi terhadap semua rancangan RPP dan RPerpres ini di seluruh kota besar di Indonesia," kata dia dalam webinar di Jakarta, Selasa, 24 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selama dua pekan ini, Susiwijono menambahkan akan ada 14 kota yang didatangi untuk melakukan serap aspirasi dan sosialisasi aturan pelaksana UU Cipta Kerja. Upaya ini diharapkan mampu membuka ruang diskusi atas penyusunan aturan pelaksana UU Cipta Kerja.
 
"Kami diperintahkan sejak awal betul-betul membuka ruang untuk masyarakat dan seluruh stakeholder terutama teman-teman para pelaku usaha terkait untuk memberikan masukan semuanya," jelas dia.
 
Ia melanjutkan pemerintah memiliki waktu tiga bulan sejak November ini untuk menyelesaikan 40 RPP dan empat RPerpres sebagai aturan pelaksana UU Cipta Kerja. Hingga saat ini sudah ada 30 RPP maupun RPerpres yang telah dipublikasi melalui portal resmi.
 
"Kita berharap dalam waktu tiga bulan ini, di awal-awal kita sudah siapkan drafnya, 2,5 bulan masyarakat bisa membahas di ruang publik semua substansi yang ada di RPP dan RPerpres," pungkasnya.  
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif