UMKM. Foto : MI/Adam.
UMKM. Foto : MI/Adam.

Gelar UMKM Academy

Pertamina Jaring 500 Mitra Binaan Naik Kelas

Ekonomi pertamina UMKM
Suci Sedya Utami • 10 November 2020 13:49
Jakarta: PT Pertamina (Persero) meluncurkan program Pertamina UMKM Academy. Program ini merupakan program pembinaan yang dilakukan secara cepat (fast track) untuk mengakselerasi para mitra binaan Pertamina agar naik kelas.
 
VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan pandemi covid-19 memukul kegiatan usaha tidak terkecuali UMKM. Banyak UMKM yang terkena dampak dan mengalami penurunan. Bahkan lebih dari 50 persen UMKM yang tergabung dalam mitra binaan Pertamina pun ikut terkena imbas.
 
Fajriyah menjelaskan sejak 1993 hingga saat ini, Pertamina memiliki 63 ribu mitra binaan. Hingga kuartal ketiga, sebanyak 610 mitra binaan telah naik kelas. Jumlah tersebut akan bertambah sebanyak 500 melalui program Pertamina UMKM Academy.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ditargetkan 500 UMKM mitra binaan untuk mengikuti acara ini," kata Fajriyah dalam konferensi pers virtual, Selasa, 10 November 2020.
 
Fajriyah mengatakan 500 UMKM yang ikut dalam program ini merupakan hasil kurasi dan verifikasi yang dilakukan oleh tim kurator. Kurasi dilakukan dengan mencocokkan kriteria mitra binaan pada program ini, di antaranya sudah satu tahun menjadi mitra binaan Pertamina, memiliki pinjaman dengan besaran tertentu misalnya untuk wilayah non-Papua Rp80 juta dan wilayah Papua-Maluku Rp40 juta, serta memiliki kualitas pembayaran pinjaman yang lancar.
 
Menurut Fajriyah, dari sisi kondisi usaha, tim kurator akan melihat perkembangan usaha tersebut dari beberapa tahun terakhir. Ditinjau dari stabilitas produksi dan hasil penjualan yang minimal stabil atau terus meningkat. Sedangkan untuk penggunaan teknologi, para mitra binaan peserta UMKM Academy nantinya diharapkan sudah melek digital untuk mempermudah pembinaan hingga naik kelas.
 
Dalam program ini, para mitra binaan terpilih akan dikelompokan berdasarkan hasil verifikasi. Terdapat empat pengelompokkan atau kelas antara lain go modern, go digital, go online dan go global. Masing-masing kelas terdiri dari 125 mitra binaan.
 
Sejumlah keuntungan akan didapatkan para mitra binaan peserta UMKM Academy ini. Di antaranya yaitu peningkatan jangkauan pasar produk mitra binaan. Peningkatan pengetahuan mitra binaan dalam melakukan pemasaran secara digital. Dan menambah kesiapan mitra binaan Pertamina agar adaptif terhadap teknologi. Serta adanya standarisasi produk, pelatihan pengelolaan branding, serta penggunaan teknologi tepat guna.
 
Dengan naik kelasnya UMKM, diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dan penyediaan lapangan pekerjaan. Apalagi UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional dan banyak menyerap tenaga kerja.
 
”Ini sebagai implementasi Goal 8 Sustainable Development Goals (SDGs). Diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” tutup Fajriyah.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif