Foto: dok MI/Ramdani.
Foto: dok MI/Ramdani.

Segera Naik, Tarif Tol Jakarta-Cikampek Berlaku Sebelum 12 Desember 2020

Ekonomi tarif tol Jalan Tol Kementerian PUPR
Fetry Wuryasti • 12 November 2020 10:20
Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan tol layang Jakarta-Cikampek akan segera bertarif.
 
Sejak Desember 2019, tol tersebut beroperasi tanpa tarif. Nantinya, tol layang terintegrasi dengan Tol Jakarta-Cikampek. Adapun penerapan tarif tol berlaku sebelum akhir tahun.
 
"Kami pastikan ini (tarif tol) sebelum 12 Desember 2020 bisa diberlakukan," jelas Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja dalam konferensi pers virtual, Rabu, 11 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah sudah mempertimbangkan berbagai masukan untuk penerapan tarif terintegrasi antara tol layang (elevated) Jakarta-Cikampek dan tol Jakarta-Cikampek.
 
"Intinya ini suatu kebijakan yang mudah-mudahan bisa diterima publik. Semoga bisa dipahami ke depannya," imbuhnya.
 
Penyesuaian tarif berlaku untuk kedua ruas, baik tol existing maupun tol layang. Adapun tarif yang diterapkan merupakan tarif terintegrasi.
 
Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menyebut dengan terintegrasinya tarif di kedua tol, akan dilakukan pembagian empat wilayah. Setiap wilayah memiliki tarif berbeda untuk kendaraan golongan I-V.
 
"Beda tarif atas dan bawah. Jadi untuk yang elevated (layang) dia bayarnya tarif wilayah empat," papar Subakti.
 
Wilayah 1 dari Jakarta IC-Pondok Gede Barat/Pondok Gede Timur. Wilayah 2 dari Jakarta IC-Cikarang Barat. Kemudian wilayah 3 dari Jakarta IC-Karawang Timur dan wilayah 4 tarif terjauh, yakni Jakarta IC-Cikampek.
 
Untuk Golongan I, tarif naik dari Rp15 ribu menjadi Rp20 ribu. Golongan II tarif terjauhnya naik dari Rp22.500 menjadi Rp30 ribu. Kemudian, tarif golongan III juga naik dari Rp22.500 menjadi Rp30 ribu.
 
Adapun golongan IV dan V naik dari Rp30 ribu menjadi Rp40 ribu. Sementara itu, untuk kendaraan golongan I dengan jarak terjauh, yakni Jakarta IC-Cikampek, naik dari Rp15 ribu menjadi Rp20 ribu.
 
"Terlihat tarif ini saling mendistribusi akibat lalu lintas tadi yang lebih efisien," pungkasnya.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif