Ilustrasi. FOTO: MI/Bagus Suryo
Ilustrasi. FOTO: MI/Bagus Suryo

RI Jajaki Ekspor Listrik ke Singapura

Ekonomi listrik pembangkit listrik PLN Kementerian ESDM indonesia-singapura
Suci Sedya Utami • 14 Januari 2021 07:36
Jakarta: Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana berencana menjajaki peluang untuk ekspor listrik ke negara tetangga, salah satunya Singapura. Selama ini Singapura membeli atau mengimpor listrik dari Laos melewati Thailand dan Malaysia.
 
Menurut Rida hal tersebut tentu menjadi peluang bagi Indonesia sebab secara geografis letak Indonesia lebih dekat. "Kenapa enggak beli dari Indonesia? Kita juga lagi jajaki itu," kata Rida, dalam sebuauh konferensi pers virtual, di Jakarta, Rabu, 13 Januari 2021.
 
Namun, kata Rida, kunci utama apabila ingin menjual listrik ke negara tetangga yakni tersambungnya jaringan transmisi. Ia bilang untuk saat ini jaringan tersebut belum tersambung. Hingga akhir 2020, panjang jaringan transmisi mencapai 61.506,08 kilometer sirkuit (kms). Sepanjang 2020, ada penambahan sepanjang 2.648 kms, di bawah target yang ditetapkan 4.459,6 kms.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Rida untuk mendorong pembangunan transmisi pihaknya akan membuka peluang keterlibatan swasta. Masuknya swasta akan membuat beban keuangan PT PLN (Persero) berkurang. Oleh karena itu pihaknya tengah merevisi kebijakan guna memperbolehkan swasta masuk ke pembangunan transmisi ke depan.
 
"Karena terbatas anggaran PLN, kenapa enggak dibuka saja peluang swasta untuk bangun transmisi," tutur dia.
 
Lebih lanjut, Rida menyatakan, penambahan transmisi antarwilayah juga menjadi kunci untuk menyalurkan kelebihan daya listrik di suatu daerah ke daerah lain yang mengalami kekurangan. "Transmisi antarprovinsi antarpulau menjadi keharusan agar bisa disalurkan tanpa harus membangun pembangkit baru, termasuk bisa juga buat ekspor," pungkas Rida.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif