Ilustrasi UMKM. FOTO: dok Pertamina
Ilustrasi UMKM. FOTO: dok Pertamina

Sudah Dapat Banpres Produktif? Gunakan untuk Ini agar Laris Manis

Ekonomi Virus Korona bansos Ekonomi Indonesia Kementerian Koperasi dan UKM Pemulihan Ekonomi Nasional
Ilham wibowo • 30 Oktober 2020 09:57
Jakarta: Pelaku usaha mikro didorong agar mampu merespons perubahan-perubahan perilaku dan pola konsumen akibat pandemi covid-19. Produktivitas usaha bisa kembalikan ditingkatkan dengan memanfaatkan bantuan permodalan pemerintah.
 
Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Riza Damanik mengatakan diversifikasi produk yang potensial laku di masyarakat bisa dilakukan dengan memanfaatkan program Banpres Produktif. Bantuan dana hibah senilai Rp2,4 juta per penerima bisa dialihkan guna membuat produk penunjang aktivitas di tengah wabah.
 
"Artinya, meski di tengah pandemi yang banyak merontokkan bisnis UMKM, masih ada peluang yang bisa dikembangkan. Syaratnya dengan berpikir kreatif dan inovatif," kata Riza, melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 30 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Riza mencontohkan pelaku usaha kain perca di Kalimantan Tengah yang selama ini memproduksi sarung bantal mengalami penurunan pembeli selama pandemi covid-19. Produktivitas baru bisa kembali meningkat setelah dialihkan untuk pembuatan masker kain.
 
"Pelaku usaha mikro yang juga penerima Banpres Produktif untuk usaha mikro tersebut akhirnya ubah haluan dengan memproduksi masker dari bahan kain perca, produknya pun laris manis di pasaran," paparnya.
 
Contoh lain di Pekalongan yang merupakan pusat perajin kain batik yang kesulitan dalam menjual hasil produksinya. Selama pandemi, kebutuhan fesyen yang cocok dan nyaman digunakan di rumah kemudian paling laris.
 
"Mereka pun banting setir dengan memproduksi batik khusus untuk baju rumahan, seperti celana pendek, pakaian tidur, daster, dan sebagainya. Produk mereka pun diserbu pasar," tutur Riza.
 
Lebih lanjut, Riza mendorong pelaku usaha mikro dan kecil untuk segera masuk ke ekosistem ekonomi digital agar pasar produk semakin luas. Langkah strategis dengan melakukan transformasi pada bisnis proses akan menumbuhkan kegiatan usaha meski pandemi akan berakhir lebih lama.
 
Tak hanya Banpres Produktif, lanjut dia, program pembiayaan murah dari pemerintah juga bisa dimanfaatkan. Plafon dana yang diberikan sangat cukup untuk menaikan level usaha ke tingkat yang lebih besar.
 
"Selain Banpres ada juga KUR Super Mikro, kredit Rp10 juta ke bawah dengan bunga nol persen hingga akhir Desember ini. Pelaku usaha mikro agar memanfaatkan program-program tersebut, untuk meningkatkan kapasitas usahanya," pungkasnya.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif