Ilustrasi. Foto: dok MI/Pius Erlangga.
Ilustrasi. Foto: dok MI/Pius Erlangga.

Inovasi Bantu Perencanaan Pembangunan Berkualitas di Jawa Barat

Ekonomi pembangunan inovasi ASN Pemulihan Ekonomi Nasional Jawa Barat
Eko Nordiansyah • 29 April 2022 17:30
Jakarta: Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan berbagai inovasi untuk membuat perencanaan pembangunan yang berkualitas. Melalui perencanaan pembangunan yang berkualitas di daerah, diharapkan dapat mendukung tercapainya target pembangunan secara nasional.
 
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jabar Sumasna mengatakan, pihaknya senantiasa menyiapkan dokumen perencanaan dengan lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, serta inovatif. Dengan begitu, keberhasilan pada perencanaan pembangunan dapat diukur.
 
"Pertama, membaiknya IPM yang didukung oleh berbagai inovasi kebijakan daerah yang memanfaatkan sistem informasi. Kedua, perencanaan tahun 2022 memuat strategi khusus penanganan dan pemulihan covid-19, serta didukung oleh sistem informasi yang komprehensif," kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat, 29 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyebut, Provinsi Jabar mengusung inovasi Sistem Informasi Manajemen Talenta Jabar Juara (SIM JAWARA) yang merupakan Inovasi manajemen ASN berbasis meritokrasi. Berkat inovasi ini, Jabar ditetapkan sebagai instansi dengan nilai tertinggi pada penilaian penerapan Sistem Merit periode 2020 oleh Komisi Aparatur Sipil Negara.
 
Selain inovasi tersebut, Provinsi Jabar juga mengusung program unggulan Investasi Juara dengan berbagai inisiatif strategis dalam aspek perizinan dan penanaman modal. Hal ini meliputi inisiatif strategis seperti West Java Investment Summit dan West Java Investment Hub.
 
"Inovasi dan Program Unggulan Jawa Barat ini sangat relevan dan secara langsung berkaitan dengan Tema Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2022 yaitu Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural," ungkapnya.
 
Atas upaya tersebut, Provinsi Jabar dinobatkan sebagai Terbaik Pertama se-Indonesia dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2022. Keberhasilan itu menandakan bahwa proses perencanaan pembangunan di Jabar memiliki kualitas yang baik dan memenuhi kriteria yang ditetapkan secara nasional.
 
Menurut Sumasna, PPD merupakan evaluasi kreatif pembangunan daerah serta salah satu bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota yang dapat menghasilkan perencanaan yang berkualitas dan dapat mencapai target-target pembangunan.
 
"Penghargaan pembangunan daerah 2022 ini mendorong kami untuk bisa meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan daerah sebagaimana amanat Bapak Presiden RI pada pembukaan musrenbang tadi. Harapan kami bahwa Penghargaan Pembangunan Daerah ini tetap sesuai ke tujuannya untuk membangun daerah dan menyejahterakan masyarakat Jawa Barat," pungkas dia.
 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif