Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

150 UMKM Pertamina Melaju ke Digital Trade Show

Ekonomi pertamina UMKM
Suci Sedya Utami • 29 November 2020 15:00
Jakarta: PT Pertamina (Persero) mengikutsertakan 150 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya dalam kegiatan Indonesia Digital Trade Show 2020.
 
Pjs Vice President Corporate Communication Pertamina Heppy Wulansari menjelaskan ajang tersebut merupakan wadah yang tepat untuk mempercepat proses digitalisasi produk-produk UMKM. Sehingga penjualan maksimal dan mampu bersaing di pasar nasional ataupun pasar Internasional.
 
"Acara ini sesuai dengan roadmap pembinaan UMKM Pertamina yakni go modern, go digital, go online, dan go global, yang salah satu tahapannya yakni go digital, menjadi sangat relevan dengan kegiatan yang digelar saat ini,” kata Heppy dalam keterangan resmi, Minggu, 29 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apalagi, kata Heppy, selama pandemi ini program kemitraan Pertamina telah menyelenggarakan sekitar 160 kali pelatihan dengan format digital. Sekitar 50 materi pelatihan yang diberikan tersebut bertemakan pengembangan usaha berbasis digital.
 
Peserta yang dipilih untuk mengikuti ajang ini sudah dikurasi secara ketat oleh Pertamina. Dari sekitar 8.000 UMKM binaan yang tersebar di 29 titik Rumah BUMN Pertamina, terpilih 150 UMKM berdasarkan beberapa kriteria. Seperti kualitas produk, kesiapan UMKM untuk memenuhi permintaan konsumen, dan pasar ketika datang ke platform virtual, stok produk, dan keamanan produk untuk dikonsumsi masyarakat.
 
“Produk makanan dan minuman cukup mendominasi dibanding sektor lain. Sebab, di masa pandemi seperti ini, permintaan akan produk makanan dan minuman cukup tinggi, terutama untuk produk-produk herbal,” jelasnya.
 
Selain sektor kuliner, juga terdapat UMKM dari sektor fesyen dan craft yang turut diikutkan Pertamina. Lebih lanjut Heppy menambahkan, pameran ini digelar secara virtual dengan konsep digital & realistik (3D Online Exhibition), sehingga masyarakat dapat memilih produk yang disukai hanya dengan mengunjungi virtual booth yang disediakan.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif