Ilustrasi. Foto: Kementerian BUMN
Ilustrasi. Foto: Kementerian BUMN

Erick Thohir Ingin BUMN Bangun dari 'Tidur' dan Jadi Raksasa Dunia

Ekonomi BUMN Kementerian BUMN Erick Thohir
Suci Sedya Utami • 29 April 2021 21:22
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta agar perusahaan pelat merah bangun dari tidur panjang dan membuka mata lebar-lebar dalam melihat persaingan yang ada saat ini.
 
Erick ingin agar BUMN bisa menjadi raksasa dunia dan mampu mengalahkan perusahaan-perusahaan lain yang selama ini telah bertengger di papan atas klasemen global.
 
Sejak awal menjabat sebagai Menteri BUMN, Erick mencoba untuk memangkas jumlah BUMN dengan cara menggabungkan perusahaan-perusahaan tersebut menjadi satu sehingga akan menciptakan kekuatan yang besar, baik dari segi aset maupun kemampuan bersaing.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sudah waktunya kita bangun dari tidur, BUMN harus jadi raksasa yang bisa bersaing. Percuma kita downsizing BUMN dari 143 menjadi 41 tapi tetap kecil (kekuatannya)," kata Erick dalam Rakornas Pusat, Jakarta, Kamis, 29 April 2021.
 
Erick tidak ingin BUMN Indonesia tergerus, bahkan bubar karena tidak bisa menghadapi persaingan terbuka. Ia ingin agar BUMN di Tanah Air bisa mengikuti langkah BUMN Tiongkok.
 
Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini menyebutkan jumlah BUMN Negeri Tirai Bambu itu mencapai 48 yang masuk dalam daftar 500 perusahaan kelas atas versi Forbes Global 2020. Sedangkan Indonesia hanya dua yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) dna PT Bank Mandiri (Persero).
 
Adapun PT Telkom Indonesia (Persero) bertengger di peringkat 708 dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) di urutan 1053.
 
"Kita mau semua BUMN harus sustain. Kita list mana saja BUMN yang sudah masuk. Kalau China saja punya segitu banyak, kenapa kita enggak punya 10 BUMN ke depannya. Kita benchmarking (harus) satu per limanya dari China," jelas Erick.
 
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif