ilustrasi. Medcom.id
ilustrasi. Medcom.id

Begini Cara Memanfaatkan Media Sosial agar Generasi Muda Tetap produktif

Ekonomi Ekonomi Digital
Al Abrar • 22 September 2021 01:02
Jakarta: Generasi milenial yang cakap digital dinilai dapat mendorong personal branding dalam bisnis di era pandemi. Sudah menjadi satu keharusan bagi generasi milenial untuk cakap dalam literasi digital agar dapat terus produktif di tengah era pandemi saat ini.
 
Dirjen Aplikasi Informatika yaitu Semuel A. Pangerapan mengatakan dengan cakap digital, generasi milenial dapat mengoperasikan digital dengan bijak tentang bagaimana penggunaan serta pemanfaatan digital dan teknologi. 
 
Selain itu di era pandemi saat ini, dunia digital selalu  bertransformasi dan mengadopsi kondisi sosial di tengah masyarakat, lalu memunculkan suatu budaya yang lahir dari kebiasaan menggunakan media sosial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Salah satu pilar penting dalam mendukung terwujudnya agenda transformasi digital adalah kemampuan literasi digital. Kemampuan tersebut menjadi tingkatan dasar yang paling krusial dalam menghadapi pesatnya perkembangan teknologi," kata Semuel dalam diskusi webinar Ngobrol Bareng Legislator yang bertajuk "Milenial Cakap Digital", Selasa, 21 September 2021.
 
Sementara itu Pegiat Media Sosial Ayu Arinati mengatakan, manfaat sosial media bagi generasi milenial sebagai sumber informasi. Sebab semua orang sudah mencari informasi dari laman sosial media.
 
Sosial media juga berguna sebagai tempat berinteraksi dan terciptanya komunikasi yang efektif. Lainnya dari manfaat sosial media yakni sebagai networking atau tempat untuk berjejaring masyarakat.
 
"Dan sebagai alat kontribusi kepada masyarakat agar dapat melihat keadaan di daerah lain maupun di seluruh dunia," kata Ayu.
 
Baca: Mantap! Produk Mebel dan Kerajinan RI Banjiri Pasar Dunia
 
Anggota DPR RI Rizki Sadig juga meminta generasi muda menggunakan kesempatan yang ada bahwa pemerintah telah secara masif melakukan upaya yang secara signifikan untuk memperluas jangkauan terhadap jaringan digital. Para milenial juga diminta berhati-hati dengan cyber crime.
 
"Untuk itu, kita harus bijak dalam mengaplikasikan kemampuan media digital dengan cara yang baik, kita juga harus berhati-hati dalam menghadapi tawaran-tawaran dalam alat komunikasi," Kata Rizki Sadig.
 
Di agenda yang sama, Media Researcher Muhammad Danu Winata berbgi tips praktis tentang pemanfaatan bermedia sosial yang baik dan bijak. Pertama yaitu menggunakan media sosial untuk hal yang produktif. Pengguna media sosial juga harus menjaga data pribadinya.
 
"Kemudian, ketika kita mendapatkan informasi, jangan ditelan mentah-mentah, artinya kita harus pastikan keakuratan informasi tersebut, kita juga harus memfilter akun-akun yang diikuti misal seperti akun di instagram, berhati-hatilah dalam memposting konten, dan gunakan media sosial sebagai sarana dalam menyampaikan aspirasi," ujarnya.
 
(ALB)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif