Ilustrasi sepeda brompton. Foto: AFP
Ilustrasi sepeda brompton. Foto: AFP

Popularitas Sepeda Brompton Tak Akan Rusak Pasar Indonesia

Ekonomi Bisnis Sepeda
Ilham wibowo • 02 Juli 2020 12:32
Jakarta: Popularitas sepeda Brompton dinilai tak akan mengganggu pasar industri sepeda di Indonesia yang tengah berkembang. Kepemilikan sepeda buatan pabrikan Inggris itu pun terbatas untuk kalangan tertentu.
 
Sekjen Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo) Eko Wibowo Utomo menyebut terbatasnya kepemilikan sepeda Brompton menyangkut harga jual yang cukup tinggi dibandingkan sepeda pabrikan lokal. Sepeda yang menyandang gelar desain lipatan terkecil itu harga termurahnya dibandrol Rp32 juta per unit.
 
"Brompton ini beda, mereka hanya kuasai pasar menengah atas dan itu hitungannya baru bicara beberapa ribu, kalau market yang sebenarnya kan jutaan," kata Eko kepada Medcom.id, Kamis, 2 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski sudah ada empat distributor sepeda Brompton di dalam negeri, volume penjualannya masih terbilang memegang persentase kecil. Selain menyasar segmen kelas menengah atas, unit produksi Brompton di Inggris juga kewalahan memenuhi permintaan sepeda di seluruh dunia.
 
"Kebutuhan sepeda di Indonesia sekitar enam juta sampai tujuh juta dalam satu tahun. Kalau data akurat berdasarkan pengelompokan hari ini itu laku 60 persen penjualan ada sepeda lipat, 30 persen MTB dan 10 persen campur baik itu BMX dan sepeda balap," paparnya.
 
Menurut Eko popularitas sepeda lipat Brompton dan kendala yang dihadapi produsennya bisa dimanfaatkan industri sepeda nasional. Produsen di Indonesia bisa menyediakan alternatif produk sepeda lipat dengan harga yang lebih terjangkau dan fitur yang lebih beragam sehingga pasar terus bergeliat.
 
"Sekarang sudah keluar tuh desain yang menyerupai Brompton seperti sepeda Element Types, produk lokal pabrikan RMB di Semarang. Lalu sepeda United Revolt juga mengikuti mirip-mirip, lipatannya kecil tapi tidak persis Brompton," tuturnya.

 

(DEV)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif