Ilustrasi beras bulog. Foto : Medcom.
Ilustrasi beras bulog. Foto : Medcom.

ATM Beras Kementan Mulai Beroperasi

Ekonomi harga beras kementerian pertanian
Ilham wibowo • 22 April 2020 22:21
Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) mulai mengimplementasikan mesin otomatis untuk penyaluran beras gratis bagi kelompok duafa. Mesin pertama yang dinamai ATM Pertanian Sikomandan diluncurkan di Kodim 0501/JPBS Kemayoran, Jakarta Pusat.
 
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan keberadaan ATM beras sangat membantu warga yang mengalami keterbatasan akses pangan selama mengikuti kebijakan pemerintah akibat pandemi covid 19. Syahrul bahkan telah menjalin kerja sama dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa untuk mempercepat penyediaan bantuan pangan bagi masyarakat selama menjalankan ibadah puasa Ramadan.
 
"Ini adalah sebuah bentuk panggilan, kita hadir di tengah-tengah situasi yang sedang dihadapi bangsa ini, apalagi pandemi covid-19 telah menyerang seluruh dunia," ujar Syahrul melalui keterangan resmi, Rabu, 22 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Syahrul, fasilitas ATM beras bisa dimanfaatkan langsung masyarakat yang luput dari pendataan administrasi kependudukan. Percepatan penyaluran bahan pangan pun sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo untuk membantu masyarakat yang paling terkendala dampak wabah.
 
"Bantuan ini kami berikan dengan mesin ATM, disebutnya ATM Pertanian Sikomandan, warga yang mendapat bantuan silakan datang ke Kodim untuk mengambil beras lewat ATM," ujar Syahrul.
 
Sementara ini kelompok masyarakat duafa bisa mengambil beras sebanyak 1,5 kg per orang di 12 Kodim yang tersebar di seluruh DKI Jakarta. Adapun stok beras yang dibagikan secara gratis ini mencapai 1,2 ton per hari.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif