Ibu kota baru. Foto : Kementerian PUPR.
Ibu kota baru. Foto : Kementerian PUPR.

Pemerintah Pusat Dukung Sulteng jadi Penyangga IKN

Antara • 22 Mei 2022 07:47
Palu: Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura mengemukakan pemerintah pusat di Jakarta memberikan perhatian besar serta mendukung Sulteng menjadi provinsi penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
 

"Kita bersyukur daerah kita berada di letak yang strategis, sehingga pemerintah pusat memberikan dukungan yang besar untuk Sulteng menjadi penyangga IKN," kata Rusdy Mastura dikutip dari Antara, Minggu 22 Mei 2022.
 
Menurut Rusdy Mastura, pemerintah pusat memberikan dukungan kepada Sulteng terkait dengan penyiapan kawasan pangan nusantara yang dibangun oleh pemerintah di wilayah Kabupaten Donggala.
 
Rusdy Mastura telah menetapkan Desa Talaga, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala, sebagai kawasan pangan penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Provinsi Kalimantan Timur. Penetapan itu tertuang dalam Keputusan Gubernur Sulteng Nomor 504/117.1/DBMPR-G.ST/2022 yang ditandatangani oleh Rusdy Mastura, di Palu, 28 Maret 2022.
 
Dalam keputusan itu disebutkan kawasan pangan di Desa Talaga memiliki luas 1.123,59 hektare, sebagai kawasan pangan program peningkatan penyediaan pangan nasional. Dalam keputusan itu juga disebutkan bahwa kawasan tersebut, diintegrasikan ke dalam rencana tata ruang wilayah nasional, rencana tata ruang wilayah provinsi dan rencana tata ruang wilayah kabupaten.
 
Selain kawasan pangan, kata Rusdy Mastura, pemerintah pusat juga memberikan dukungan pembangunan industri perikanan halal yang terletak di Kabupaten Banggai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selain itu, program smart village (desa pintar) untuk percepatan pembangunan desa dan peningkatan ekonomi desa, juga mendapat dukungan besar dari pemerintah pusat," kata dia.
 
"Semua ini disiapkan oleh pemerintah pusat untuk Sulteng menjadi penyangga IKN," katanya.
 
Ia mengatakan, pemerintah pusat juga memberikan dukungan pembangunan infrastruktur distribusi potensi SDA, berupa jalan dan jembatan di antaranya, jalan yang menghubungkan Kota Palu, Kabupaten Sigi, dengan Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.
 
Berikutnya, jalan yang menghubungkan Desa Bangga, Kabupaten Sigi dengan Desa Watatu, Kabupaten Donggala, serta jalan yang menghubungkan Desa Tambu di Pante Barat, Donggala dengan Kasimbar, Kabupaten Parigi Moutong.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif