Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: dok. Kemenko Perekonomian.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: dok. Kemenko Perekonomian.

Menko Airlangga: Pemulihan Ekonomi Semakin Nyata, Bukti Kebijakan PEN Positif

Ekonomi perekonomian Pemulihan Ekonomi Nasional
Al Abrar • 02 Desember 2020 22:59
Jakarta: Indikator sektor manufaktur Purchasing Manager Index (PMI) menunjukkan kondisi yang semakin baik dari sisi produksi.
 
Laporan IHS Markit menyebut indikator PMI yang telah melampaui batas 50 ini menunjukkan bahwa korporasi dan industri Indonesia beranjak pada tren ekspansif, meskipun kenaikannya masih terbatas.
 
Selain laporan IHS Markit, inflasi November pada 2020 juga menunjukkan perbaikan pada sisi permintaan. Tandanya, pemulihan ekonomi sudah terjadi pada dua sisi, yaitu sisi permintaan (inflasi) dan produksi (kenaikan indeks PMI).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan program dan kebijakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sejak awal diarahkan untuk memulihkan kedua sisi tersebut.
 
"Untuk menjaga momentum perbaikan indeks PMI melalui ekspansi kapasitas produksi, kita memerlukan dorongan untuk meningkatkan permintaan domestik, dengan memberikan dukungan kepada sektor IKM dan industri padat karya, serta dukungan pembiayaan usaha, insentif fiskal, dan penyederhanaan peraturan," ujar Menko Airlangga, dalam keterangan resminya, Rabu, 2 Desember 2020.
 
Baca: Menkeu: Presiden Minta Implementasi APBN 2021 Dilakukan Sejak Awal Januari
 
Dirinya pun memberi empat perhatian khusus terhadap laporan IHS Markit dan inflasi ini.
 
Pertama, pertumbuhan penjualan yang masih terbatas, dengan adanya surplus kapasitas operasi dan penumpukan pekerjaan. Hal ini perlu mendapat perhatian untuk perbaikan pada sisi produksi adalah kemudahan untuk kegiatan perekrutan pekerja, yang selama sembilan bulan terakhir menghadapi peningkatan PHK akibat pandemi.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif