Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Cek Rekening, Subsidi Gaji Tahap Kedua Cair Mulai Hari Ini!

Ekonomi Virus Korona Bansos covid-19 Bantuan Langsung Tunai pandemi covid-19
Patrick Pinaria • 19 Agustus 2021 22:56
Jakarta: Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau gaji tahap kedua untuk para pekerja sudah dicairkan mulai Kamis, 19 Agustus 2021. Kali ini, BSU Rp1 juta menyasar kepada 1,25 juta pekerja.
 
Pencairan BSU tahap kedua diumumkan oleh Sekretaris Ditjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan Jamsos) Kemnaker Surya Lukita Warman pada diskusi virtual tentang BSU 2021 hari ini. Pada kesempatan itu, ia mengatakan terdapat 1,2 juta pekerja yang akan menerima bantuan tahap kedua.
 
"Saat ini sudah selesai proses screening dan insyaallah hari ini akan kami mulai proses penyalurannya kepada penerima yang memenuhi syarat," kata Sesditjen PHI dan Jamsos Surya dikutip dari Antara, Kamis, 19 Agustus 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menyalurkan BSU tahap pertama pada pekan lalu. Untuk tahap awal ini, pemerintah menargetkan BSU kepada 1 juta pekerja. 
 
Namun, belum semua pekerja mendapatkan BSU di tahap pertama. Sejauh ini, baru sekitar 947.669 pekerja menerima BSU pada tahap awal. Adapun sebanyak 52.531 dipastikan gagal mendapat bantuan gaji tersebut.
 
Menurut Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo, pekerja yang gagal mendapatkan BSU disebabkan dua faktor. Ada yang gagal karena tercatat sebagai penerima bantuan sosial lain. Ada pula yang gagal menerima BSU karena rekening pekerja tidak aktif.
 
Sementara itu, pemerintah memastikan penyaluran BSU tahap ketiga dan keempat mencakup sekitar 6,6 juta. Adapun syarat penerima BSU adalah WNI yang dibuktikan dengan NIK, terdaftar sebagai peserta yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan sampai Juni 2021 dan memiliki upah paling besar Rp3,5 juta.
 
Pekerja yang menerima BSU juga harus bekerja di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 dan Level 4 dan diprioritaskan bagi mereka yang bekerja di sektor industri barang konsumsi, transportasi, properti dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali pendidikan dan kesehatan.
 
(MBM)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif