Ilustrasi. Foto: Dok/Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Dok/Medcom.id

Pelonggaran PPKM Level 4 Disambut Baik Pelaku UMKM

Ekonomi Virus Korona UMKM covid-19 pandemi covid-19 PPKM Darurat
MetroTV • 27 Juli 2021 13:48
Jakarta: Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menyambut baik sejumlah pelonggaran dalam kebijakan PPKM level empat. Mereka berharap pelonggaran dapat lebih luas agar ekonomi secara perlahan kembali pulih, Selasa, 27 Juli 2021.
 
Pelaku usaha hotel dan restoran yang tergabung dalam Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyambut baik sejumlah pelonggaran yang diberikan pemerintah di tengah perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level empat.
 
Ketua Umum PHRI Hariadi Sukamdani berharap, pelonggaran tersebut bisa lebih luas. Sehingga perekonomian perlahan dapat pulih seperti sedia kala dan masyarakat dapat kembali menemukan mata pencahariannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalam kaitan di level empat khususnya, ini kan memang pembatasannya, cakupannya masih cukup luas. Jadi walaupun orang itu akan makan itu memang masih terbatas,” kata Hariadi, Selasa, 27 Juli 2021.
 
Menurut Hariadi, PPKM belum berdampak signifikan. Dia berharap pemerintah semakin baik kedepannya dan angka penurunan semakin meningkat agar pemulihan dapat berjalan.
 
Pelaku usaha UMKM sebelumnya selalu mendapatkan teguran dari pemerintah, namun dengan pemberlakuan kebijakan baru ini Hariadi mengaku lega karena telah diizinkan untuk membuka usahanya kembali seperti semula.
 
Beberapa pelaku usaha juga memberikan pendapatannya mengenai kebijakan PPKM Darurat yang diperpanjang ini.
 
"Ya, Alhamdulillah tenang deh kalau misalnya kayak gini, tapi di sini si enggak ada larang-larangan gitu. Tapi enggak boleh makan duduk di sini gitu harus dibungkus," kata penjual Bakmi, Yus.
 
Sementara menurut seorang penjual gado-gado Samaun, penjualannya menurun drastis. "Yang beli si ada. Cuma jauh turunnya seperempat dari biasanya. Biasanya saya dapat 500 sekarang cuma dapat 200," katanya.  
 
Ekonom Bhima Yudhistira menilai, pelonggaran aktivitas ekonomi UMKM terlalu dini. Seharusnya, kebijakan PPKM level empat lebih memerketat aktivitas masyarakat termasuk UMKM dan pemerintah memberikan kompensasi dengan menambah nominal bansos.
 
"Kompensasi yang diberikan kepada pengusaha mikro itu sebenarnya lebih penting dibandingkan pelonggaran dalam konteks PPKM level empat. Jadi harusnya pengusaha sektor mikro mendapat bantuan tunai yang lebih besar,” kata Yudhistira. (Taris Dwi Aryani)
 
 
 
(MBM)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif