Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi . Foto : MI/Abdullah.
Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi . Foto : MI/Abdullah.

Harga Anjlok, Mendag Berencana Serap Telur Peternak

Ekonomi Peternakan Kementerian Perdagangan telur orak-arik
Husen Miftahudin • 25 September 2021 14:56
Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi berencana menyerap hasil panen telur peternak melalui bantuan sosial yang diberikan pemerintah. Pasalnya, harga telur ayam di sejumlah daerah di Indonesia mengalami penurunan yang cukup signifikan.
 
"Harga telur ini karena memang daya belinya turun. Maka harga telur secara nasional berada sekitar 10-20 persen dari harga standar Kementerian Perdagangan," tutur Lutfi dikutip dari keterangan resminya, Sabtu, 25 September 2021.
 
Rencana ini terbersit ketika Lutfi berbincang dengan peternak ayam petelur dari Desa Suruhwadang, Kabupaten Blitar, Jawa Timur di Istana Kepresidenan beberapa hari lalu. Keluh kesah mereka membuat Lutfi memutar otak agar hasil panen para telur peternak terserap secara maksimal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kondisi inilah yang membuat Mendag terus berupaya agar para peternak tetap sejahtera. Sejumlah strategi pun akan dilakukan untuk membantu derita peternak ayam petelur.
 
Selain membantu para peternak ayam petelur, strategi lain juga tengah dirancang. Salah satunya dengan menjaga gizi masyarakat di tengah pandemi covid-19.
 
"Jadi ini salah satu terobosan-terobosan yang sedang dipikirkan oleh pemerintah. Supaya harga telur ini baik, dan juga meningkatkan gizi masyarakat. Ini yang sedang kami pikirkan. Kita bantu semua sama-sama, supaya bisa jalan perekonomian," tegas Lutfi.
 
Seperti diketahui, Kementerian Sosial (Kemensos) hingga saat ini masih menyalurkan program bantuan sosial (bansos). Diantaranya Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebesar Rp200 ribu per bulan yang ditukarkan dengan bahan sembako di e-warong atau distributor resmi Kemensos.
 
Ada pula Program Keluarga Harapan (PKH). Nilainya beragam, mulai dari Rp600 ribu sampai Rp3 juta, disesuaikan dengan kriteria penerima bantuan.

 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif