NEWSTICKER
Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu.
Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu.

Alat Tes Korona akan Dikirim ke RS Rujukan Pemerintah

Ekonomi Virus Korona kementerian bumn
Suci Sedya Utami • 19 Maret 2020 21:18
Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan alat deteksi virus korona dengan metode rapid test akan didistribusikan bukan hanya ke rumah sakit BUMN, namun juga rumah sakit rujukan pemerintah.
 
"Akan dikirimkan ke rumah sakit rujukan yang sudah ditunjuk pemerintah. Didistribusikan oleh RNI (PT Rajawali Nusantara Indonesia)," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, di Jakarta, Kamis, 19 Maret 2020.
 
Menurut Arya, pemesanan alat deteksi korona dari Tiongkok yang sudah mulai masuk Tanah Air ini telah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arya mengatakan BUMN melalui RNI telah memesan sebanyak 500 ribu rapid test. "Rapid test sudah bisa masuk mulai hari ini, sudah disetujui. Bertahap hampir setiap hari," tambah Arya.
 
Pemerintah mulai mengkaji metode tes untuk mendeteksi secara cepat virus korona di tubuh manusia. Rapid test akan dilakukan dengan pengambilan sampel darah pasien positif korona.
 
Juru Bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto saat konferensi pers di Kantor BNPB, Jakarta, Rabu, 18 Maret 2020 mengatakan metode ini disebut memiliki keunggulan.
 
Salah satunya, tidak membutuhkan sarana prasarana pemeriksaan laboratorium pada biosecurity level II. Artinya, pemeriksaan bisa digunakan di hampir semua laboratorium kesehatan yang ada di semua rumah sakit di seluruh Indonesia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif