Ilustrasi - - Foto: Antara/ Nova Wahyudi
Ilustrasi - - Foto: Antara/ Nova Wahyudi

Pegawai Holding Tambang Siap Masuk Kantor

Ekonomi bumn holding tambang Kenormalan Baru
Suci Sedya Utami • 28 Mei 2020 19:28
Jakarta: Holding tambang di bawah naungan MIND ID siap menghadapi new normal. Protokol yang sudah disiapkan tersebut dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Menteri BUMN tentang antisipasi skenario the new normal.
 
Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak mengatakan keputusan ini diambil sebagai langkah penyesuaian diri dengan ekosistem bisnis sekaligus menggerakkan kembali ekonomi nasional dan mendukung langkah-langkah strategis pemerintah.
 
Pembukaan kembali kantor seluruh grup MIND ID akan mengikuti protokol penanganan covid-19 yang ketat di lingkungan kerja dan operasional pertambangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami siap dengan protokol new normal. Hal ini sesuai dengan semangat kami untuk membangun kehidupan yang sejahtera dan masa depan Indonesia yang lebih baik," katanya kepadaMedcom.id, Kamis, 28 Mei 2020.

 
Mengacu pada surat edaran, pegawai berusia di bawah 45 tahun di Grup MIND ID yang terdiri dari PT Inalum, PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, dan PT Timah Tbk akan kembali bekerja penuh di kantor setelah ada keputusan pemerintah untuk merelaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
 
Selain berusia di bawah 45 tahun, karyawan yang akan masuk kantor tidak memiliki risiko kesehatan bawaan atau tinggal serumah dengan orang yang rawan tertular seperti orang tua, dan orang yang memiliki penyakit kronis bawaan.
 
Ia mengatakan terdapat tiga lokasi kerja yakni di wilayah tambang dan pabrik tetap berjalan seperti biasa dengan memerhatikan kesehatan dan keselamatan kerja.
 
Kedua di wilayah kerja pribadi, ketiga di wilayah kerja bersama dengan perusahaan lain (sebagai tenant bersama di gedung). Dalam new normal, di lokasi kerja bersama akan diaturshiftingsetiap dua minggu bergantianwork from home(WFH) danwork from office(WFO) Khusus bagi Senior Management yang mendapat ruang kerja sendiri akan masuk setiap hari.
 
"Untuk wilayah yang masih berlaku ketentuan PSBB, kita ikuti ketentuan Pemda setempat dan tetap melaksanakan protokolwork from home," tutur dia
 
Seluruh pegawai diminta mematuhi beberapa protokol seperti melakukan izin perjalanan ke lokasi pertambangan jika mendesak dan darurat dengan melaksanakan Rapid Test covid-19 dengan hasil non reaktif. Bagi yang reaktif akan dilakukan karantina.

 
Saat memasuki daerah tambang, semua area kerja diwajibkan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mengikuti jam kerja yang diatur oleh manajemen. Bagi pegawai yang baru tiba dari daerah zona merah covid-19, wajib melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di tempat yang sudah disiapkan walaupun Rapid Test menunjukan hasil yang non reaktif.
 
"Semua karyawan kami mengikuti protokol covid 19 yang sudah ada, termasuk protokol WFH, setiap hari kami mengadakanvideo callminimal 1,5 jam untuk monitor pekerjaan setiap hari. Monitor pekerjaan dan keberadaan karyawan dilakukan secara berjenjang dan meliputi seluruh karyawan," ujar Orias.
 
Akses ke Tembagapura dan dataran tinggi lainnya di Kabupaten Mimika, Papua yang menjadi wilayah operasional Freeport juga telah dibatasi sejak 25 Maret lalu. Seluruh sarana transportasi penumpang dihentikan sementara sampai waktu yang belum ditentukan.
 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif