Ilustrasi. Foto: dok MI/Ramdani.
Ilustrasi. Foto: dok MI/Ramdani.

Agustus, Ruas Pekanbaru-Dumai Trans Sumatra Siap Beroperasi

Ekonomi hutama karya
Suci Sedya Utami • 15 Juli 2020 07:40
Jakarta: PT Hutama Karya (Persero) menyatakan ruas Pekanbaru-Dumai Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) siap dioperasikan Agustus 2020. Diharapkan jalan tol ini bisa meningkatkan aktivitas perekonomian terutama dari sisi distribusi logistik.
 
Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto membenarkan pembangunan ruas tersebut hampir selesai. Artinya dalam dua bulan mendatang sudah bisa digunakan bagi kendaraan yang melintas.
 
"Pekanbaru-Dumai hampir selesai kira-kira dalam dua bulan ini siap dioperasikan. Tinggal kami membayar untuk penyedia jasa kami," kata Budi, dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 14 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga saat ini panjang jalan tol Trans Sumatra yang telah dioperasikan mencapai 364 kilometer (km) dari lima ruas yakni ruas Medan-Binjai 17 km, ruas Bakauheni-Terbanggi Besar 140 km, ruas Palembang-Indralaya 22 km, ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang, serta ruas Pematang Panggang-Kayu Agung 185 km.
 
Selain itu saat ini ada 771 km yang masih dalah tahap konstruksi. Budi mengatakan apabila nantinya tahap konstruksi ini selesai, panjang tol Trans Sumatra yang dioperasikan akan menjadi 1.135 km.
 
Hutama Karya mendapatkan penugasan untuk membangun jalan tol Trans Sumatra sepanjang 2.769 km. Dari panjang lintasan tersebut 319 km masih dalam tahap persiapan dan 1.311 km dalam tahap studi kelayakan (FS).
 
Untuk membangun proyek tersebut, total investasi yang dibutuhkan mencapai Rp478 triliun. Dari besaran tersebut kebutuhan dana tersebut yang telah terserap atau dipenuhi sekitar Rp90 triliun. Artinya untuk menyelesaikan 2.769 km lagi, Hutama Karya masih membutuhkan anggaran Rp386 triliun.
 
Dari dana yang dibutuhkan, pemerintah pun membantu melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp19,6 triliun yang telah digelontorkan sepanjang 2015 hingga tahap pertama 2020.
 

(ABD)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif