Foto: dok MI.
Foto: dok MI.

Merek Carrefour Segera Diganti Transmart, Bukan Lagi Punya Prancis

Ekonomi ritel chairul tanjung prancis indonesia-prancis
Media Indonesia.com • 06 November 2020 14:48
Jakarta: Ramai beredar seruan boikot produk-produk Prancis di Indonesia, salah satunya Carrefour. Tapi, merek perusahaan retail dari Prancis tersebut di Indonesia sudah dimiliki perusahaan nasional. Merek tersebut juga akan diganti seluruhnya pada akhir 2021.
 
Hal tersebut disampaikan Vice President Corporate Communication PT Trans Retail Indonesia, Satria Hamid, dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat, 6 November 2020.
 
"Sekarang gerai kami yang memakai merek Carrefour tinggal sedikit. Hanya tinggal 52 toko saja dari 132 toko kami di seluruh Indonesia," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejatinya, kepemilikan seluruh saham PT Carrefour Indonesia telah beralih kepada PT Trans Retail dan PT Trans Lifestyle menjadi 100 persen sahamnya dimiliki perusahaan nasional di bawah CT Corporation sejak 16 Januari 2013. Nama PT Carrefour Indonesia pun diubah menjadi PT Trans Retail Indonesia (TRI).
 
"Seiring waktu berjalan, manajemen TRI berproses secara bertahap mentransformasikan perubahan lisensi merek Carrefour menjadi merek Transmart dengan terus melakukan remodeling toko merujuk pada kearifan lokal di seluruh Indonesia. Lisensi merek Carrefour oleh TRI akan berakhir pada tahun depan," ujar Satria.
 
Produk-produk yang diperdagangkan oleh TRI pun sebesar 95 persen datang dari lokal. Artinya, para penyuplai/pabrikan dalam negeri yang mengisi gerai. Hanya lima persen, lanjut Satria, merupakan produk impor.
 
Dari semua kategori produk impor yang dijual tersebut, ada sebagian kecil terdapat merek-merek Prancis. "Namun, produk itu bukan langsung impor dari Prancis. Kami membelinya dari distributor nasional," tuturnya.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif