Pertamina. Foto : Setkab.
Pertamina. Foto : Setkab.

Pertamina Kucurkan Modal Rp2,5 Miliar bagi UMKM di Kalimantan

Ekonomi pertamina UMKM
Suci Sedya Utami • 14 Oktober 2020 13:09
Balikpapan: PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan menyalurkan pinjaman modal usaha kemitraan pada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kalimantan sebesar Rp2,5 miliar.
 
Pinjaman modal kerja tersebut diberikan pada 29 pelaku UMKM yang tersebar di tiga provinsi yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. UMKM penerima pinjaman modal usaha ini memiliki usaha yang bervariatif mulai dari perdagangan, jasa, dan industri.
 
Adapun jumlah pemberian pinjaman program kemitraan per sektor adalah industri Rp1,14 miliar, sektor jasa Rp640 juta, dan sektor perdagangan Rp775 juta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tujuan pemberian dana Program Kemitraan untuk meningkatkan kemampuan UMKM dalam berusaha. Di tengah pandemi covid-19 banyak UMKM yang terdampak dan memerlukan suntikan modal untuk mulai bangkit dan menata usahanya.
 
"Pinjaman modal usaha ini merupakan program kemitraan sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial lingkungan Pertamina kepada masyarakat sekitar," ujar Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan, Roberth MV dalam keterangan resmi, Rabu, 14 Oktober 2020.
 
Salah satu UMKM penerima di Kabupaten Paser Siti Hairiah mengatakan di masa pandemi ini, pelaku UMKM sangat membutuhkan dukungan agar usaha tetap berlanjut. Ia bilang tidak hanya dukungan modal usaha, tapi juga dukungan moril agar UMKM tetap bangkit.
 
Di 2020, Pertamina telah menyalurkan Rp12,5 miliar pinjaman modal usaha kepada pelaku UMKM yang tersebar di seluruh provinsi di Kalimantan dengan rincian per sektor adalah sektor perdagangan sebesar Rp5,2 miliar, sektor industri Rp2,9 miliar, sektor jasa Rp3,8 miliar, sektor peternakan Rp310 juta, dan perkebunan Rp347 juta.
 
Selain pinjaman modal usaha, Pertamina juga memberikan pembinaan demi keberlanjutan dan perkembangan usaha UMKM yang sudah menjadi mitra binaan Pertamina, mulai dari pelatihan, pameran, hingga workshop kegiatan. Salah satu kegiatan pembinaan yang telah berlangsung di 2020 adalah kegiatan Pertamina SMEXPO 2020 yang diadakan September 2020 sebagai ajang pameran dan pelatihan UMKM yang dijalankan secara virtual.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif