Kementan dorong peningkatan produktivitas kentang. FOTO: Kementan
Kementan dorong peningkatan produktivitas kentang. FOTO: Kementan

Diversifikasi Pangan, Kementan Dorong Peningkatan Produktivitas Kentang

Ekonomi pertanian pangan Kementerian Pertanian kentang
Ilham wibowo • 23 Oktober 2020 10:03
Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong peningkatan produktivitas kentang untuk mendukung program diversifikasi pangan. Pengadaan benih kentang bermutu masih perlu dukungan untuk terus diperbanyak.
 
Kepala Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) Muhammad Thamrin mengatakan komoditas kentang punya prospektif yang strategis untuk mendukung penyediaan bahan pangan. Keberagaman olahan kentang bisa meningkatkan nilai tambah yang baik untuk pendapatan petani.
 
"Karena itu produksi kentang berkualitas sangat perlu kita dorong ketersediaannya karena sampai hari ini benih kentang bermutu melalui proses sertifikasi benih masih kurang atau belum maksimal," kata Thamrin, melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 23 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, lanjutnya, petani sudah menyadari pentingnya penggunaan benih kentang bermutu untuk meningkatkan produktivitas tanaman. Akan tetapi, ketersediaan benih kentang unggul dalam jumlah ideal masih sangat minim.
 
Thamrin mengaku bakal memperkuat kolaborasi dengan pihak penangkar benih kentang swasta agar meningkatkan produktivitas secara meluas. Benih kentang bersertifikat terjamin mutunya karena ada standarisasi yang telah ditetapkan Pemerintah.
 
"Harus menjadi acuan bagi kita semua khususnya para pelaku di bidang pertanian tanaman kentang," tuturnya.
 
Sementara itu, peneliti Balitsa Juniarti P. Sahat menambahkan pihaknya telah menyediakan benih sumber dalam bentuk panlet atau benih dasar. Riset bakal terus dikembangkan menghadapi berbagai tantangan pengembangan pertanian.
 
Adapun beragam Varietas Unggul Baru (VUB) yang sudah bisa dimanfaatkan seperti varietas sangkuriang, olimpus, merbabu dan cipanas untuk sayur; varietas medians, spudy agrihorti, dan ventury agrihorti untuk pembuatan keripik kentang; dan varietas papita agrihorti dan golder agrihorti yang cocok untuk pembuatan french fries.
 
"Benih bermutu merupakan benih yang varietasnya sudah terdaftar untuk peredaran dan diperbanyak melalui sistem sertifikasi benih, mempunyai mutu genetik, mutu fisiologis, mutu fisik serta status kesehatan yang sesuai standar mutu atau persyaratan teknis minimal," pungkasnya.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif