Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (kanan) - - Foto: dok Kemendag
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (kanan) - - Foto: dok Kemendag

Negara Tujuan Pulih, Ekspor Produk UKM Bakal Melonjak

Ekonomi ekspor UKM Kementerian Perdagangan
Ilham wibowo • 22 Oktober 2020 11:21
Jakarta: Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan ekspor produk Usaha Kecil Mikro (UKM) akan melonjak setelah negara tujuan ekspor pulih dari dampak pandemi.
 
"Para pelaku UKM Indonesia yang berjumlah sekitar 64 juta harus memanfaatkan setiap peluang yang ada secara maksimal," ujar Agus dalam webinar UKM Sukses Ekspor, Rabu, 21 Oktober 2020.
 
Karena itu, pemerintah saat ini berupaya meningkatkan ekspor dengan mengembangkan kapasitas produksi, modal dan sumber daya manusia. Kemudian mendorong pemenuhan standarisasi produk hingga pemasaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kemendag telah menggiatkan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan ekspor, termasuk di masa pandemi ini,” ujarnya.
 
Beberapa langkah tersebut, papar Agus, dapat memaksimalkan keberadaan perwakilan perdagangan di luar negeri, penguatan daya saing UKM dan mendorong pemberian fasilitasi para pelaku ekspor untuk mengikuti kegiatan promosi virtual. Kemudian menjajaki peluang bisnis maupun one on one meeting antara eksportir denganbuyerdi luar negeri secara virtual.
 
"Mendorong pelaku usaha ekspor memanfaatkan akses pasar ke negara mitra FTA, serta memberikan stimulus pembiayaan untuk meningkatkan ekspor dan perdagangan dengan membantu pelaku ekspor yang terdampak covid-19," paparnya.
 
Tak hanya itu, Kemendag juga memiliki program pendampingan kepada UKM melalui Export Coaching Program yang telah menghasilkan 148 eksportir baru sejak 2015. Selama masa pandemi covid-19, program itu melahirkan 14 eksportir baru dan menghasilkan total transaksi sebesar USD590,74 ribu.

 
“Kami selalu yakin dan optimistis dalam memandang masa depan Indonesia. Mari kita saling bergotong royong menjaga roda perdagangan agar tetap bergerak di tengah pandemi covid-19,” pungkas Mendag.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif