Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan. Foto: maritim.go.id
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan. Foto: maritim.go.id

Waspada Varian Omicron, Masa Karantina di Indonesia Jadi 10 Hari

Ekonomi WNA wni Luhut Pandjaitan karantina Varian Baru Covid-19 Varian B.1.1.529 Omicron Varian Omicron
Sri Yanti Nainggolan • 02 Desember 2021 10:55
Jakarta: Masa karantina bagi warga negara asing (WNA) maupun masyarakat Indonesia yang datang dari luar negeri ditambah menjadi 10 hari. Hal ini untuk mengantisipasi masuknya varian Omicron. 
 
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marives) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan masa karantina bagi WNA dan WNI pelaku perjalanan dari negara-negara di luar 11 negara yang dilarang masuk, ditambah menjadi 10 hari dari sebelumnya 7 hari. Keputusan ini berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo. 
 
Baca: Luhut Larang Pejabat Negara ke Luar Negeri, Ini Alasannya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Langkah ini diambil dengan mempertimbangkan semakin banyaknya negara yang mendeteksi varian Omicron. Perpanjangan masa karantina ini akan berlaku sejak 3 Desember 2021. 
 
"Tentunya kebijakan yang diambil ini akan terus dievaluasi secara berkala sambil kita terus memahami dan mendalami informasi tentang varian baru ini," ucap Luhut dalam keterangan tertulis, Rabu, 1 Desember 2021. 

Pemerintah larang WNA 11 negara masuk ke RI

Pemerintah Indonesia melarang masuk Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki riwayat perjalanan selama 14 hari terakhir ke 11 negara untuk mengantisipasi importasi kasus varian baru covid-19 yang bernama Omicron (B.1.1.529).
 
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. FOTO: am2018bali
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. FOTO: am2018bali
 
Ke-11 negara tersebut yaitu Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Leshoto, Mozambique, Eswatini, Malawi, Angola, Zambia, dan Hong Kong.
 
"Kebijakan ini akan segera diberlakukan dalam waktu 1x24 jam," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dilansir dari Antara, Senin, 29 November 2021.
 
Kendati demikian, khusus untuk WNI yang pulang ke Indonesia dan memiliki riwayat perjalanan dari negara-negara yang dilarang harus menjalani karantina selama 14 hari. Luhut mengungkapkan, daftar negara-negara tersebut bisa berkurang atau bertambah berdasarkan evaluasi secara berkala yang dilakukan pemerintah.
 
(SYN)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif