Ilustrasi. Foto: AFP/Bay Ismoyo
Ilustrasi. Foto: AFP/Bay Ismoyo

Serikat Pekerja Tak Setuju Rencana Penetapan Upah Minimum 2021

Ekonomi upah serikat pekerja
Ilham wibowo • 27 Oktober 2020 19:03
Jakarta: Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) tak setuju dengan kebijakan pengaturan penetapan upah minimum 2021 pada masa pandemi covid-19 yang diminta sama nilainya dengan periode 2020. Pengaturan ini dinilai tak bisa dipukul rata lantaran masih ada usaha yang tumbuh.
 
Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan bahwa pemerintah mestinya bisa bersikap lebih adil dengan tetap menjalankan mekanisme kenaikan upah minimum 2021. Bagi perusahaan yang tidak mampu dapat melakukan penangguhan dengan tidak menaikan upah minimum setelah berunding dengan serikat pekerja di tingkat perusahaan, dan melaporkannya ke Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker).
 
"Jangan dipukul rata semua perusahaan tidak mampu. Faktanya di 1998 pun tetap ada kenaikan upah minimum untuk menjaga daya beli masyarakat," kata Iqbal kepada Medcom.id melalui pesan singkat, Selasa, 27 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Iqbal, keputusan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah yang menerbitkan Surat Edaran (SE) kepada gubernur se-Indonesia tidak tepat. Munculnya SE Nomor M/11/HK.04/2020 tersebut dianggap kurang memperhatikan nasib buruh yang juga mengalami tekanan ekonomi.
 
"Menaker tidak memiliki sensitivitas nasib buruh, hanya memandang kepentingan pengusaha semata," ujarnya.
 
Adapun penerbitan SE dilakukan dalam rangka memberikan perlindungan dan keberlangsungan bekerja bagi pekerja atau buruh, serta menjaga kelangsungan usaha. Kemudian perlu dilakukan penyesuaian terhadap penetapan upah minimum pada situasi pemulihan ekonomi di masa pandemi.
 
Penerbitan SE ini juga dilatarbelakangi keberadaan pandemi covid-19 yang telah berdampak pada kondisi perekonomian dan kemampuan perusahaan dalam memenuhi hak pekerja termasuk dalam membayar upah.
 
SE penetapan upah minimum tersebut diteken oleh Menaker pada 26 Oktober 2020. Selanjutnya, upah minimum 2021 ini secara resmi akan ditetapkan dan diumumkan oleh seluruh pemerintah daerah pada akhir Oktober 2020.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif