Rumah produksi Precious One Jakarta merangkul kelompok difabel menghasilkan produk-produk bernilai ekonomi (Foto: Dok. Metro TV)
Rumah produksi Precious One Jakarta merangkul kelompok difabel menghasilkan produk-produk bernilai ekonomi (Foto: Dok. Metro TV)

Ragam Karya Kaum Difabel di Rumah Kerajinan Precious One

Ekonomi tokopedia
Intan Yunelia • 13 Juni 2020 18:41
Jakarta: Kelompok difabel kerap dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Padahal, kelompok ini meski memiliki keterbatasan secara fisik, mereka tetap bisa berkarya menghasilkan produk-produk sederhana bernilai jual tinggi yang bisa menghasilkan pundi rupiah.
 
Hal inilah yang menginisiasi rumah produksi Precious One Jakarta untuk merangkul kelompok difabel menghasilkan produk-produk bernilai ekonomi. Hasil karya berupa boneka, kotak tisu, dan pernak-pernik lainnya lahir dari tangan-tangan terampil kaum difabel.
 
Ragam Karya Kaum Difabel di Rumah Kerajinan Precious One

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Tagline kami adalah ‘Bangga pakai karya disabilitas.’ Dengan tagline tersebut, kami ingin menyampaikan bahwa kaum difabel dengan segala keterbatasannya, juga mampu menciptakan barang-barang berkualitas. Saya melihat kelebihan seseorang itu lewat apa yang bisa mereka bisa lakukan. Dan bagi saya, apa yang teman-teman difabel lakukan ini sudah luar biasa sekali. Karyanya bagus-bagus yang mungkin saja orang lain belum tentu mampu membuatnya," kata Ratnawati, pendiri Precious One Jakarta.
 
Di tengah pandemi covid-19, kelompok difabel merambah pembuatan masker berbahan kain. Masker ini untuk memenuhi kebutuhan di pasaran yang sempat langka. Sebagian dari masker produksi mereka pun didonasikan ke berbagai daerah.
 
Ragam Karya Kaum Difabel di Rumah Kerajinan Precious One
 
“Masker seperti barang yang wajib dimiliki semua orang. Padahal stok di pasar juga semakin menipis. Sempat, saya dihubungi oleh direktur sebuah mal dan menanyakan ketersediaan masker di kami. Akhirnya, mereka memesan dan kami langsung produksi. Dari sinilah kami berusaha menyediakan masker dalam jumlah besar. Dan syukurnya, mungkin karena masker kami harganya bersahabat dan berkualitas baik, masker ini sering dijadikan donasi dari pelanggan ke berbagai pelosok Indonesia,” tutur Ratnawati.
 
Ragam Karya Kaum Difabel di Rumah Kerajinan Precious One
 
Untuk memudahkan masyarakat menjangkau produk hasil karya kaum difabel, Precious One memanfaatkan platform Tokopedia. Pembelian produk secara online melalui Official Store Tokopedia sangat membantu masyarakat yang kini dianjurkan untuk berdiam diri di rumah demi memutus penyebaran virus covid-19.
 
Berbagai produk karya kelompok difabel Precious One dapat ditemukan di Tokopedia, yaitu masker, kotak tisu, boneka, sarung bantal, dan benda-benda custom lainnya.
 
"Melalui Tokopedia, pengiriman barang bisa dilakukan ke berbagai pelosok Indonesia. Jadi enggak cuma warga Jakarta saja yang bisa melihat betapa bagusnya hasil karya teman-teman difabel ini,” ucap Ratnawati.
 
Ragam Karya Kaum Difabel di Rumah Kerajinan Precious One
 
Selain itu. Precious One juga selalu memastikan kesehatan dan keselamatan anggotanya, terutama di tengah pandemi covid-19. Beberapa langkah yang diambil Precious One seperti pembersihan rumah produksi secara berkala, mewajibkan mencuci tangan dengan sabun sebelum memasukin rumah produksi, tes suhu tubuh, memakai masker, mengonsumsi vitamin C hingga menjaga jarak aman antar anggota.
 
Precious One didirikan pada 2004 untuk membantu masyarakat difabel mendapatkan kesempatan berkarya dan bekerja. Saat ini, ada 28 difabel seperti tuna rungu dan tuna daksa yang bergabung dan diberikan berbagai pelatihan memproduksi kerajinan tangan berkualitas.
 
(ROS)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif