Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan harga batu bara mengalami penurunan sebagai imbas covid-19. Foto: AFP
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan harga batu bara mengalami penurunan sebagai imbas covid-19. Foto: AFP

Harga Batu Bara Acuan Terhantam Covid-19

Ekonomi batu bara kementerian esdm virus corona
Suci Sedya Utami • 06 April 2020 16:02
Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan harga jual batu bara acuan (HBA) di pasar untuk perode April 2020 sebesar USD65,77 per ton.
 
Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan harga tersebut mengalami penurunan dibanding bulan sebelumnya.
 
Ia bilang nilai HBA diperoleh rata-rata empat indeks harga batubara dunia, yaitu Indonesia Coal Index (ICI), Newcastle Export Index (NEX), Globalcoal Newcastle Index (GCNC), dan Platt's 5900 pada bulan sebelumnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Dari perhitungan rata-rata keempat indeks tersebut, angka HBA diusulkan menjadi USD65,77 per ton, atau turun USD1,31 dari HBA Maret yang ada di angka USD67,08 per ton,” papar Agung dalam keterangan resmi, Senin, 6 April 2020.
 
Agung mengatakan berkurangnya konsumsi listrik di negara-negara terdampak covid-19, mengakibatkan permintaan batu bara di negara-negara tersebut turun sehingga berdampak pada terjadinya sedikit over supply batu bara secara global. Hal ini memengaruhi penurunan empat indeks harga batu bara yang umum digunakan dalam perdagangan batu bara dunia.
 
“Rata-rata indeks bulanan ICI turun 2,66 persen, Platt's turun 2,75 persen, GCNC turun 1,77 persen, NEX turun 0,66 persen. Karena keempatnya mengalami penurunan maka Harga Batubara Acuan (HBA) yang dipengaruhi keempat indeks tersebut dipastikan juga ikut turun,” tutur Agung.
 
Apabila dirinci pergerakan HBA pada tahun ini, di Januari mengalami penurunan ke level USD65,93 per ton dari USD66,30 di Desember 2019. Lalu naik di Februari menjadi USD66,89 per ton dan Maret USD67,08 per ton. Kemudian kembali turun di bulan ini.
 
HBA April 2020 akan digunakan untuk penjualan langsung (spot) selama satu bulan pada titik serah penjualan secara Free on Board di atas kapal pengangkut (FOB Veseel).
 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif