Foto: dok MI/Bagus Suryo.
Foto: dok MI/Bagus Suryo.

2,7 Juta Petani Indonesia Terdampak Pandemi

Ekonomi pertanian
Suci Sedya Utami • 10 Agustus 2020 06:40
Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan kendati sektor pertanian menjadi penyumbang pertumbuhan tertinggi, namun sektor tersebut turut terdampak pandemi covid-19 yang terjadi secara global.
 
Syahrul mengatakan setidaknya ada 2,7 juta petani dalam kategori miskin yang perlu mendapat perhatian khusus. Ia bilang jumlah tersebut terdiri dari petanu penggarap dan buruh tani yang memang kebanyakan hanya menjadi pekerja di ladang milik orang lain.
 
"Petani miskin sebanyak 2,7 juta yang harus mendapatkan perhatian khusus sesuai arahan Pak Presiden," kata Syahrul dalam acara Cross Check from Home bertajuk Juru Selamat Ekonomi di Tengah Pandemi yang ditayangkan Medcom.id, Minggu, 9 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Partai NasDem ini mengatakan pemerintah pun telah menggulirkan berbagai macam bantuan untuk para petani ini. Misalnya saja melalui bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Ia bilang ada sekitar Rp22 triliun yang dialokasikan untuk KUR di sektor pertanian.
 
Selain itu juga alokasi bantuan sosial (bansos) yang diberikan melalui Kementerian Sosial (Kemensos) serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.
 
"Kita fasilitasi kredit, bantuan sosial melalui Kemendes dan Kemensos. Kita koordinasi," jelas dia.
 
(AHL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif