PT PLN (Persero) telah memulihkan 92 persen kelistrikan di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur. Foto : PLN.
PT PLN (Persero) telah memulihkan 92 persen kelistrikan di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur. Foto : PLN.

Paling Dahsyat Terdampak Badai, PLN Pulihkan 92% Kelistrikan di Pulau Adonara

Ekonomi BUMN Listrik PLN
Suci Sedya Utami • 13 April 2021 16:44
Flores Timur: PT PLN (Persero) telah memulihkan 92 persen kelistrikan di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur. Wilayah tersebut merupakan titik paling terdampak diterjang badai Siklon Seroja.
 
Sebanyak 116 dari 125 gardu distribusi berhasil dipulihkan. Kini, 24.352 dari 26.274 pelanggan kembali dapat menikmati aliran listrik. Dari 105 desa di Pulau Adonara yang terdampak, 98 desa di antaranya kembali merasakan aliran setrum.
 
Untuk memperbaiki listrik di Adonara, PLN harus menembus akses yang sebelumnya tertutup longsor di Desa Oyang Barang, Kecamatan Wotan Ulumado, Adonara. Sebanyak 71 personel dikerahkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tim PLN harus melewati akses jalan yang ekstrem dan rusak berupa tanah berlumpur serta rawan longsor akibat banjir bandang dan tanah longsor," tutur General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT Agustinus Jatmiko dalam keterangan resmi, Selasa, 13 April 2021.
 
Untuk memulihkan kelistrikan di Desa Oyang Barang Kecamatan Wotan Ulumado PLN harus mengangkut material kelistrikan menggunakan motor trail dan mobil berpenggerak empat roda yang ditempuh dengan memutari pulau adonara selama kurang lebih dua jam.
 
"Di beberapa titik pun material harus dipanggul atau diangkat secara manual oleh petugas," tutur Jatmiko.
 
Saat ini, pihaknya terus berupaya memulihkan jaringan kelistrikan yang terdampak badai siklon seroja di NTT. Tercatat hingga siang tadi pukul 12.00 Wita di seluruh NTT, PLN telah memulihkan 2.006 gardu yang terdampak, sehingga sebanyak 333.692 pelanggan dapat menikmati listrik kembali.
 
Guna mengetahui informasi terkini atau menyampaikan aduan terkait kelistrikan, masyarakat dapat mengaksesnya melalui aplikasi PLN Mobile.

 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif