Foto: dok PLN.
Foto: dok PLN.

Investasi Kelistrikan Diramal Tak Capai Target

Ekonomi listrik PLN
Suci Sedya Utami • 30 Juli 2020 22:34
Jakarta: Pemerintah memperkirakan hingga akhir tahun investasi kelistrikan tidak mencapai target USD11,95 miliar. Ramalan ketidaktercapaian tersebut disebabkan oleh pandemi covid-19 yang membuat beberapa proyek mengalami penundaan.
 
Pasalnya, hingga Juni 2020, realisasi investasi baru mencapai 33,22 persen dari target atau senilai USD3,97 miliar. Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jisman Hutahulu menjabarkan pada Januari-April realisasi investasi masih sejalan dengan target.
 
Bahkan hingga April realisasinya sudah di atas target yang dipasang setiap bulan. Namun mulai Mei, realisasinya sudah renggang dari target yang dibuat dan Juni makin renggang dari target.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kapan kita akan rebound,itu kembali lagi kapan covid-19 berakhir. Jadi kemungkinan (hingga akhir tahun) agak di bawah target realisasinya," kata Jisman dalam paparan kinerja semester I, Kamis, 30 Juli 2020.
 
Jisman mengatakan pandemi covid-19 membuat pergerakan para pekerja di sektor kelistrikan terbatas. Bahkan ia memperkirakan potensi beberapa proyek pembangkun yang akan tertunda pengerjaannya.
 
Hal senada juga dikatakan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana yang menyebut tidak hanya mobilitas pekerja yang terganggu, namun juga mobilitas barang. Ia bilang banyak komponen pembangkit yang harus diimpor kesulitan untuk masuk akibat adanya beberapa pelabuhan atau negara yang melakukan lockdown.
 
Meski demikian, lanjut Rida, dirinya berharap kondisi akan membaik setelah pembatasan mobilitas mulai dibuka. "Mudah-mudahan kalau new normal, ada semacam akselerasi di Juli-Agustus, sehingga target bisa tercapai. Tetapi ini juga tergantung kondisi global, karena investasinya banyak dari luar," pungkas dia.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif