Virus Korona. Foto : AFP.
Virus Korona. Foto : AFP.

Ekonom Senior: Dahulukan Kepentingan Kesehatan

Ekonomi Virus Korona ekonomi indonesia
Ilham wibowo • 29 Maret 2020 13:29
Jakarta: Pemeritah dan seluruh lapisan masyarakat perlu ikut terlibat fokus memerangi penyebaran virus korona covid-19 di Tanah Air yang semakin meningkat. Aspek kesehatan yang terpenuhi akan mendukung sisi perekonomian yang bisa kembali normal dan bertubuh.
 
Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Fadhil Hasan mengatakan bahwa virus korona secara global terutama di banyak negara besar telah menyebabkan kemunduran pertumbuhan ekonomi. Akan tetapi, yang perlu mendapatkan prioritas penyelamatan saat ini yakni kesehatan masyarakatnya sebagai inti penggerak ekonomi.
 
"Bukan saatnya lagi memikirkan ekonomi di atas kesehatan, ekonomi itu bisa recovery lagi dan kita harus mendahulukan kepentingan kesehatan dan keselamatan masyarakat," kata Fadhil dalam video konferensi, Minggu, 29 Maret 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fadhil sepakat dengan kebijakan diberlakukannya karantina wilayah terbatas yang telah diusulkan beberapa kepala daerah. Implementasi langkah tersebut penting dilakukan dengan memberikan jaminan kebutuhan pokok atau logistik masyarakat di level terbawah.
 
"Pemerintah perlu memastikan hal-hal kebutuhan pokok siap terlebih dahulu sebelum melakukan kebijakan karantina wilayah, itu syarat yang jadi kepastian," ujarnya.
 
Selain itu, ketegasan pemerintah daerah juga sangat penting agar warganya bisa memahami penyebaran virus korona. Masyarakat yang sehat penting semantara waktu agar diam di rumah dan tidak membebani petugas medis.
 
"Physical distancing ini belum efektif bahkan terjadi penyebaran lebih meluas. Pemerintah harus ambil tindakan tegas dan ini jadi posisi kepala daerah," ungkapnya.
 
Menurut Fadhil, dengan atau tidak adanya karantina wilayah sektor ekonomi Indonesia tetap akan mengalami kemunduran seperti yang terjadi di banyak negara. Saat ini, kata dia, yang bisa dilakukan Pemerintah yakni menggulirkan kebijakan stimulus untuk menahan kemunduran tersebut tidak terlalu dalam.
 
"Agar tidak terjun bebas memang harus ada langkah langkah untuk meminimalisir mengusahakan agar ekonomi itu tetap bisa paling tidak bertahan," tuturnya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif