Ilustrasi PLN. Foto : PLN.
Ilustrasi PLN. Foto : PLN.

PLN Surakarta Tunggu Petunjuk Teknis untuk Keringanan Pelanggan

Ekonomi bumn pln Virus Korona
Antara • 02 April 2020 19:47
Surakatara: PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surakarta, Jawa Tengah, menunggu petunjuk teknis terkait mekanisme pemberian keringanan pembayaran listrik untuk pelanggan golongan 450 VA dan 900 VA sebagai dampak dari pandemi covid-19.
 
"Petunjuknya belum ada di kami. Saat ini kami juga sedang menunggu arahan," kata Manajer PLN UP3 Surakarta Ari Prasetyo Nugroho dikutip dari Antara, Kamis, 2 April 2020.
 
Ia mengatakan PLN Surakarta hanya sebagai operasional sehingga keputusan dilakukan sesuai arahan pimpinan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami juga belum tahu apakah seluruh pelanggan 450 VA atau tidak (yang memperoleh keringanan). Ini kami juga sedang menunggu informasi terkait hal ini. Nanti akan keluar surat dari PLN pusat. Petunjuk seperti ini, silakan dilaksanakan," katanya.
 
Sementara itu, dikatakannya, saat ini jumlah pelanggan golongan R1 atau rumah tangga dengan daya 450 VA di bawah UP3 Surakarta sebanyak 285 ribu pelanggan. Sedangkan untuk golongan 900 VA sebanyak 64 ribu pelanggan.
 
Terkait dengan keringanan tersebut, sebelumnya Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah menggratiskan beban listrik bagi konsumen PLN dengan daya 450 VA selama tiga bulan ke depan, yaitu April-Juni 2020.
 
Presiden mengatakan langkah tersebut dilakukan sebagai wujud bantuan kepada masyarakat.
 
Pelanggan dengan daya 900 VA subsidi akan menerima keringanan berupa potongan harga sebesar 50 persen. Ia mengatakan potongan tersebut berlaku untuk kurun waktu yang sama, yaitu dari April-Juni 2020.
 
Pembebasan biaya listrik tersebut merupakan salah satu dari enam kebijakan bantuan pemerintah bagi masyarakat dengan kemampuan ekonomi di segmen bawah menyusul tekanan akibat pandemi covid-19.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif