Pemprov Jakarta bersama Zipmex dan JXB memberikan bantuan di tujuh TPU Covid-19. FOTO: Zipmex
Pemprov Jakarta bersama Zipmex dan JXB memberikan bantuan di tujuh TPU Covid-19. FOTO: Zipmex

Pemprov Jakarta-Zipmex-JXB Gelontorkan Bantuan di 7 TPU Covid-19

Ekonomi covid-19
Angga Bratadharma • 05 Agustus 2021 07:03
Jakarta: Pandemi covid-19 masih juga belum kunjung usai dan dampaknya terhadap perekonomian masih cukup keras terutama ketika pemerintah memberlakukan PPKM. Meski demikian, dukungan dari berbagai macam pihak terkait diperlukan agar pandemi bisa segera terkendali dan masyarakat yang terdampak bisa diringankan bebannya.
 
Adapun pandemi covid-19 membawa banyak cerita, khususnya bagi garda terdepan yang berhadapan langsung dengan kasus-kasus covid-19 di lapangan. Salah satunya adalah personil Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) yang bekerja di berbagai Tempat Pemakaman Umum (TPU) penerima pasien covid-19.
 
PJLP secara umum mengacu pada penyedia jasa yang ditugaskan di berbagai dinas dengan jenis pekerjaan yang disesuaikan dengan dinas terkait. PJLP menjadi pihak yang mengerjakan berbagai tugas operasional dalam kaitannya mengelola kota, sehingga menjadi lebih indah, teratur, dan nyaman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapanya adalah Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), pasukan hijau (Dinas Pertamanan), pasukan biru (Dinas SDA), pasukan kuning (Dinas Bina Marga), petugas keamanan, dan pasukan pelangi lainnya. Dalam penanganan covid-19, PJLP yang bertugas adalah petugas penggali kubur, pembersih makam, supir mobil jenazah, dan penjaga makam.
 
Berkolaborasi dengan Jakarta Experience Board (JXB), Zipmex Indonesia mengapresiasi kerja keras petugas PJLP dan memberikan santapan sehat bagi para petugas. JXB atau PT Jakarta Tourisindo adalah BUMD DKI yang bergerak di sektor pariwisata dan perhotelan, ekonomi kreatif, dan beautifikasi kota.
 
Ada 3.320 paket santapan sehat yang dibagikan ke tujuh TPU mulai 30 Juli hingga 3 Agustus 2021. Santapan sehat diberikan dua kali sehari yaitu makan siang dan makan malam. Ketujuh TPU tersebut antara lain TPU Rorotan, TPU Pondok Ranggon, TPU Bambu Apus, TPU Tanah Kusir, TPU Srengseng Sawah, TPU Kampung Kandang, dan TPU Utan Kayu.
 
Co-Founder Zipmex Indonesia Raymond Sutanto mengatakan kontribusi PJLP dalam program penanganan pandemi covid-19 seperti ini sama pentingnya dengan tenaga kesehatan. Petugas PJLP harus mengorbankan waktunya dan berpisah dengan keluarga mereka untuk sementara waktu demi tugas kemanusiaan.
 
"Demi menyiapkan perpisahan terakhir antara pasien dan keluarga, petugas PJLP mesti menjalankan tugas siang dan malam. Oleh karena itu, kami berharap melalui makanan sehat ini, petugas PJLP dapat terus semangat. Pandemi ini pasti berakhir, dan kita pasti bisa melaluinya bersama-sama," kata Raymond, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 5 Agustus 2021.
 
Perlu disadari kontribusi PJLP begitu penting dan sayangnya kerap terlupakan semasa pandemi. Semasa covid-19, petugas PJLP di beberapa TPU harus siaga memenuhi panggilan pekerjaan yang tidak kenal waktu. Pada pertengahan Juli lalu, PJLP di TPU Rorotan harus memakamkan hingga lebih dari 100 jenazah per hari.
 
Hingga saat ini, kasus positif covid-19 di Jakarta telah mencapai angka 817.354, sekitar 15,3 persen dari jumlah keseluruhan kasus di Indonesia. Jumlah yang tinggi ini hanya dapat dikendalikan dan ditangani melalui kolaborasi beragam lapisan masyarakat.
 
Direktur Utama JXB, Novita Dewi menjelaskan bahwa program ini menjadi wujud kolaborasi antara pemerintah, BUMD, dan pihak swasta. "Kami menyambut baik berbagai program kolaborasi sebagai upaya untuk mendukung program penanganan covid-19 yang dicanangkan oleh pemerintah. Bantuan apapun menjadi sangat signifikan," tukasnya.
 
Sementara itu, rekan-rekan PJLP mengaku merasa perhatian yang diberikan dapat menjadi semangat baru untuk terus melaksanakan pekerjaan dengan sepenuh hati. "Apresiasi yang tak kalah penting buat kami adalah doa. Doakan saja agar kami selalu sehat sehingga bisa terus melakukan pekerjaan ini,” tutur salah satu petugas saat donasi dibagikan.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif