Uang Khusus Rp75 ribu. Foto : Medcom/Desi A.
Uang Khusus Rp75 ribu. Foto : Medcom/Desi A.

Mulai Hari Ini, Uang Khusus Rp75 Ribu Bisa Ditukarkan di Semua Bank

Ekonomi Bank Indonesia Uang Khusus
Husen Miftahudin • 01 Oktober 2020 10:03
Jakarta: Bank Indonesia (BI) memperluas akses penukaran uang khusus Rp75 ribu melalui penyempurnaan skema penukaran yang berlaku mulai 1 Oktober 2020. Dari yang sebelumnya hanya melibatkan lima bank, kini semua bank bisa menjadi agen penghimpun/koordinator pooling pendaftar penukaran uang khusus Rp75 ribu melalui skema penukaran kolektif.
 
Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko mengatakan dengan skema ini masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang khusus Rp75 ribu hanya perlu mendaftar pada bank umum terdekat di wilayah masing-masing dan mengambil uang tersebut pada bank tempat mendaftar.
 
"Demikian pula dengan lembaga, instansi, korporasi, dan organisasi, dapat menggunakan mekanisme yang sama secara kolektif untuk menjadi koordinator pooling bagi korporasi atau lembaganya," ujar Onny dalam keterangan tertulis yang dikutip dari laman resmi Bank Indonesia, Kamis, 1 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mekanismenya, bank, lembaga, instansi, korporasi, ataupun organisasi mengirimkan surel berisi formulir permohonan dan data penukar kepada orang yang ditunjuk atau person in charge (PIC) untuk melakukan penukaran di kantor Bank Indonesia sesuai wilayahnya masing-masing.
 
"Formulir tersebut untuk memperoleh bukti pemesanan penukaran dan melakukan penukaran pada waktu dan tempat yang sesuai dengan bukti pemesanan," paparnya.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif