Ilustrasi pendaftaran kartu prakerja - - Foto: Medcom
Ilustrasi pendaftaran kartu prakerja - - Foto: Medcom

Kuota Peserta Gelombang IV Kartu Prakerja Full

Ekonomi Kartu Prakerja
Eko Nordiansyah • 11 Agustus 2020 16:46
Jakarta: Sebanyak 800 ribu peserta tercatat mendaftarkan diri pada gelombang IV program kartu prakerja. Kuota peserta untuk gelombang tersebut sudah penuh sejak dibuka pada Sabtu pekan lalu.
 
"Saat ini jumlah pendaftar sudah lebih dari 800 ribu orang," kata Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu Louisa Tuhatu kepadaMedcom.id, Selasa, 11 Agustus 2020.
 
Namun jumlah pendaftar diperkirakan terus bertambah hingga penutupan pendaftaran beberapa hari ke depan. Saat ini data peserta yang masuk dalam tahap verifikasi oleh Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semua data masih diverifikasi hingga penutupan pendaftaran beberapa hari lagi," ungkap dia.
 
Pada gelombang I hingga III tercatat ada sekitar 680 ribu peserta kartu prakerja. Para peserta yang sudah diterima ini diwajibkan untuk menyelesaikan satu pelatihan agar bisa mendapatkan insentif sebesar Rp600 ribu per bulan selama empat bulan.
 
Adapun pembukaan kembali gelombang IV kartu prakerja dilakukan setelah Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 Tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja.
 
Kemudian pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020 sebagai aturan pelaksana program kartu prakerja ini. Terdapat sejumlah perubahan ketentuan dalam Permenko 11/2020 ini.
 
Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari sebelumnya mengatakan, perbaikan tata kelola yang dijabarkan pada Permenko 11/2020 bersifat progresif ke depan, yang mulai diimplementasikan pada gelombang IV dan seterusnya.
 
"Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja secara bertahap akan menyesuaikan prosedur operasi dan sistem sesuai dengan Perpres dan Permenko. Data kelompok yang dikecualikan untuk menerima kartu prakerja dari kementerian/lembaga pun diperlukan," ungkapnya.
 
Sama seperti sebelumnya, dana bantuan pelatihan ditransfer ke rekeningvirtual accountpenerima begitu ditetapkan sebagai penerima kartu prakerja. Jika dalam waktu 30 hari tidak digunakan, dananya dikembalikan ke kas negara dan kepesertaannya akan dihapus oleh sistem.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif