Ilustrasi pengendalian inflasi daerah - - Foto: Medcom/ Suci Sedya
Ilustrasi pengendalian inflasi daerah - - Foto: Medcom/ Suci Sedya

Banda Aceh Siap Lakukan Mitigasi Inflasi

Ekonomi Inflasi bahan pokok aceh
Fajri Fatmawati • 13 November 2020 14:58
Banda Aceh: Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh menyatakan kesiapannya untuk menjalankan instruksi Gubernur Aceh agar Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dalam upaya mitigasi inflasi di daerah masing-masing.
 
"Melihat perkembangan inflasi terkini dan beberapa indikator harga bahan pokok di Aceh, inflasi pada November 2020 diperkirakan akan mengalami peningkatan," kata Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Jumat, 13 November 2020.
 
Sebagai langkah mitigasi, Gubernur Aceh telah meminta TPID se-Aceh melakukan peningkatan kualitas koordinasi antarinstansi terkait, khususnya melalui program kerja 2020 yang sesuai dengan timeline.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Khususnya dalam melakukan pemantauan stok dan produksi komoditas bahan makanan, dan komoditas unggulan secara disiplin setiap bulannya. Dan kita siap menjalankannya,” ujarnya.
 
Selain itu, Aminullah juga memastikan kelancaran distribusi barang ke masyarakat untuk ditingkatkan dan melakukan upaya pencegahan praktik penimbunan bahan pangan melalui kerja sama TPID dengan Satgas Pangan.
 
“Pak Gubernur juga mendorong peningkatan stok untuk menjaga ekspektasi pasar, dan kita pun siap melaksanakannya,” ucap Aminullah.
 
Di sisi lain, juga disepakati peran pemerintah dan Perum Bulog dalam menjaga stabilitas harga. Salah satu upaya yang secara rutin digelar yakni operasi pasar atau pasar murah.
 
"Untuk terus menggenjot ekonomi Banda Aceh agar inflasi bergerak normal," jelas dia.
 
Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), selama Oktober 2020, indeks harga barang dan jasa di Banda Aceh mengalami inflasi sebesar 0,62 persen. Angka tersebut lebih rendah dari inflasi Aceh secara keseluruhan yaitu 0,65 persen dan lebih tinggi dari inflasi nasional yaitu sebesar 0,07 persen.
 
Sementara dalam rentang waktu Oktober sampai dengan November 2020, indeks harga barang dan jasa di Banda Aceh diperkirakan akan mengalami Inflasi, yakni berada pada kisaran -0,5 persen hingga 0,8 persen.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif