Pertamina. Foto : Setkab.
Pertamina. Foto : Setkab.

Kebut Pengembangan Bisnis, Pertamina Tancap Gas Kukuhkan Subholding

Ekonomi bumn gas pertamina
Suci Sedya Utami • 14 Juni 2020 08:54
Jakarta: Sebagai tindak lanjut RUPS PT Pertamina (Persero) yang telah dilaksanakan pada Jumat, 12 Juni 2020, Pertamina langsung tancap gas melanjutkan transformasi pada tingkat subholding bisnis sebagai tindak lanjut restrukturisasi yang telah dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) kemarin.
 
Upaya tancap gas dibuktikan dengan pengukuhan subholding oleh Direksi Pertamina. Terdapat lima subholding yang telah dibentuk yakni Upstream Subholding yang operasionalnya diserahkan kepada PT Pertamina Hulu Energi, Gas Subholding (PT Perusahaan Gas Negara), Refinery & Petrochemical Subholding (PT Kilang Pertamina Internasional), Power & New Renewable Energy Subholding (PT Pertamina Power Indonesia) dan Commercial & Trading Subholding (PT Patra Niaga). Selain itu juga terdapat Shipping Company yang operasionalnya diserahkan kepada PT Pertamina International Shipping.
 
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan pembentukan holding migas di bawah Pertamina dengan lima subholding dan satu shipping company ini merupakan langkah strategis yang akan tercatat dalam sejarah Pertamina, karena merupakan inisiatif yang dilakukan untuk bisa beradaptasi dengan perubahan ke depan, bergerak lebih lincah, cepat serta fokus untuk pengembangan bisnis yang lebih luas dan agresif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Transformasi yang dilakukan saat ini adalah untuk menyiapkan lini bisnis Pertamina berkembang dan mandiri,” kata Nicke dalam keterangan resmi, Minggu, 14 Juni 2020.
 
Nicke mengatakan saat ini lingkup bisnis Pertamina sangat luas dan memiliki tantangan, kompetisi yang berbeda serta memiliki kekhususan risiko masing-masing. Oleh karenanya, dengan subholding ini setiap bisnis nantinya diharapkan dapat bergerak lebih cepat sebagai upaya dalam menunjang Pertamina menjadi perusahaan energi di level global dengan nilai pasar USD100 miliar.
 
VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menambah pada struktur manajemen subholding, Pertamina konsisten menempatkan direksi dari sejumlah pekerja karir yang relatif muda dan berkualitas tinggi. Dengan demikian diharapkan menjadi energi baru bagi Pertamina mempersiapkan pemimpin masa depan.
 
"Selain itu, komposisi manajemen juga diperkuat dengan profesional eksternal yang berpengalaman dan diharapkan banyak melakukan new breakthrough untuk pertumbuhan bisnis ke depan. Beberapa wanita juga berada diantara Direksi Subholding tersebut," jelas Fajriyah.
 
Selain itu, pejabat sebelumnya, sebagai senior juga turut hadir dalam pengukuhan yang dilakukan secara virtual tersebut untuk melepaskan estafet kepemimpinan pada penerusnya. Sehingga serah terima jabatan dapat langsung dilakukan dan diikuti pembacaan komitmen pejabat baru untuk mencapai kinerja dan kepatuhan untuk pelaporan LHKPN dan implementasi HSSE.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif