Ilustrasi - - Foto: Antara/ M Agung Rajasa
Ilustrasi - - Foto: Antara/ M Agung Rajasa

Tagihan Bengkak, PLN Buka Layanan Keluhan 24 Jam

Ekonomi pln tarif listrik
Ilham wibowo • 06 Mei 2020 19:18
Jakarta: PT PLN (Persero) membuka layanan 24 jam untuk menanggapi seluruh keluhan pelanggan. Rata-rata keluhan masyarakat terkait kenaikan pembayaran untuk konsumsi listrik selama April.
 
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Ikhsan Asaad mengatakan jumlah pengaduan yang masuk mencapai 2.900 pelanggan. Dari jumlah itu, 94 persen aduan berhasil ditangani.
 
"Kami buka layanan 24 jam contact center PLN 123, kalau masih ada yang mengeluhkan tagihan rekening silakan hubungi dan kami akan segera respons, keluhan satu hari harus selesai," kata Ikhsan dalam konferensi pers secara virtual Rabu, 6 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ikhsan menuturkan pihaknya telah menginstruksikan jajaran pengelola di seluruh wilayah tingkat kecamatan untuk memberikan pelayanan maksimal dengan mendatangi langsung rumah pelanggan.
 
"Kemudian ada enam persen yang harus dikoreksi, mungkin pada saat didatangi rumahnya dikunci," tuturnya.
 
Menurutnya kenaikan tagihan pada Mei terjadi lantaran konsumsi listrik meningkat selama Penerapan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kemudian masyarakat lebih banyak bekerja dari rumah atau work from home (WFH).
 
PLN memastikan tarif dasar listrik seluruh golongan tarif tidak mengalami kenaikan, termasuk rumah tangga daya 900 Volt Ampere (VA) Rumah Tangga Mampu (RTM) dan di atasnya.

 
Adapun selama April 2020 konsumsi listrik golongan rumah tangga rata-rata naik enam persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.
 
"Saya ingin ajak pelanggan hemat listrik, memang di saat semua orang WFH tagihan listrik naik. Kami ajak masyarakat kalau AC atau lampu tidak dipakai dimatikan saja, hal-hal ini bisa bantu kita tidak terlalu mahal bayar listriknya," paparnya.
 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif