Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. FOTO: Kementan
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. FOTO: Kementan

Tingkatkan Kesejahteraan, Mentan Tekankan Pentingnya Literasi Keuangan untuk Petani

Ekonomi pertanian Petani Kementerian Pertanian
Antara • 18 September 2021 09:25
Depok: Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyatakan pemahaman pengelolaan keuangan amat penting bagi para petani. Hal itu untuk membantu membuat perencanaan yang matang dalam mengelola usaha taninya, mulai dari pra panen sampai pascapanen.
 
"Sehingga terjadi yang namanya peningkatan kesejahteraan petani. Karena apa, mereka lebih efisien karena sudah paham bagaimana cara mengatur biaya-biaya pengeluaran selama bertani," ujar Mentan Syahrul Yasin Limpo, dilansir dari Antara, Sabtu, 18 September 2021.
 
Untuk itu, Kementan terus memasifkan program Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) di banyak daerah. "Kami tak akan pernah lelah membantu para petani. Kami akan berkomitmen penuh untuk terus mensejahterakan mereka," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyampaikan jika produktivitas meningkat, pendapatan petani juga meningkat. "Kemampuan sumber daya manusia juga harus kita tingkatkan agar mereka bisa mengelola pertanian dengan baik," ungkapnya.
 
PLEK merupakan salah satu program pelatihan yang mengintegrasikan kebutuhan akan pentingnya literasi dan pembelajaran keuangan bagi petani melalui pembinaan yang berkelanjutan dari penyuluh pertanian yang bertugas di wilayah yang bersangkutan.
 
Pelatihan ini sebagai wujud perubahan ekonomi global yang menuntut pentingnya pencatatan, analisis dan pengelolaan keuangan yang berbasis pada data sehingga manajemen terbaik untuk keuangan yang didasari pada pondasi kesadaran, keterampilan, perilaku dan sikap dalam pengambilan keputusan individu agar tercapai keuangan yang sejahtera menjadi pintu utama.
 
Salah satu yang mengikuti PLEK adalah para kelompok tani tingkat dasar IPDMIP Kabupaten Soppeng Tahun Anggaran 2021. Kegiatan berlangsung di empat BPP Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. Melalui Pelatihan PLEK dapat menguatkan pembiayaan dan pengelolaan keuangan terkait Kredit Usaha Rakyat (KUR), asuransi pertanian, serta layanan keuangan lainnya.
 
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Soppeng Fajar mengatakan pelatihan mengelola keuangan ini merupakan salah satu bagian dari program Integrated Particitopary Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) yang dilaksanakan BPSDMP Kementerian Pertanian.
 
"Pelatihan ini memberikan pengetahuan kepada petani, khusus dalam mengelola keuangan Poktan, Karena menyangkut keuangan maka harus terkelola dengan baik, oleh sebab itu petani harus mengetahui berapa sebenarnya pemasukan yang dia dapat dari usahanya," pungkas Fajar.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif