Ilustrasi desain ibu kota baru - - Foto: MI/ Irfan
Ilustrasi desain ibu kota baru - - Foto: MI/ Irfan

Pemerintah Mulai Bangun Infrastruktur Penunjang Ibu Kota Baru

Ekonomi logistik infrastruktur Bappenas Ibu Kota Baru Kalimantan Timur
Antara • 29 September 2021 18:43
Jakarta: Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan pembangunan infrastruktur penunjang dan sistem logistik di ibu kota baru sudah dimulai. Pemindahan ibu kota negara ke wilayah Kalimantan Timur tersebut akan dilakukan secara bertahap.
 
“Dan hari ini kita sebenarnya sudah memulai untuk membangun di daerah-daerah yang sifatnya adalah infrastruktur, logistik di sekitar Kalimantan Timur untuk menunjang IKN yang akan datang,” ujar usai menyerahkan Surat Presiden (Surpres) terkait Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) di Gedung DPR, Jakarta, Rabu, 29 September 2021.
 
Suharso dan Menteri Sekretariat Negara Pratikno menyerahkan langsung Surpres RUU IKN kepada Ketua DPR RI Puan Maharani di Kompleks Parlemen. RUU Ibu Kota Negara yang diserahkan ke DPR, kata Suharso, terdiri dari 34 pasal dan 9 bab.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun isi RUU ini ialah visi ibu kota negara, pengorganisasian, penggunaan, hingga pembiayaannya. Ia memastikan proses pembangunan IKN akan sesuai dengan rencana induk (masterplan) yang sudah disusun.

 
“Sekali lagi pembangunan IKN ini bukan pembangunan yang kita laksanakan dalam waktu yang katakanlah 3-4 tahun atau dua tahun, tapi kita lakukan secara bertahap,” ucap Suharso.
 
Presiden Jokowi dalam sejumlah kesempatan mengatakan upaya pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur tetap berjalan meski ekonomi Indonesia terdampak pandemi.
 
Pada 24 Agustus 2021, Presiden meninjau langsung infrastruktur penunjang yakni sodetan akses jalan menuju IKN di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Saat meninjau sodetan akses jalan tersebut, Presiden didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

 
”Agenda ibu kota baru ini tetap dalam rencana," ujar Presiden saat itu.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif