Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami

Erick Thohir: 16 Persen Masyarakat Tak Mau Divaksin

Ekonomi Erick Thohir vaksin covid-19
Annisa ayu artanti • 24 November 2020 17:52
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mau disuntik vaksin covid-19.
 
Erick menyebut berdasarkan riset terakhir yang dilakukan tim menyatakan 66 persen masyarakat ingin melakukan vaksin, tetapi ada juga 16 persen masyarakat yang tidak mau divaksin.
 
"Tapi ada 16 persen yang tidak mau vaksin, tentu juga kami tidak paksakan," kata Erick dalam webinar, Selasa, 24 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Erick menjelaskan alasan mereka tidak mau divaksin karena mempertanyakan kehalalan vaksin tersebut.
 
Di satu sisi Erick menegaskan, pemerintah telah menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai otoritas yang menjamin kehalalan vaksin.
 
"Karena kalau halal-haram itu sampaikan pasti otoritas tertinggi itu MUI yang akan tentukan halal dan haram dan sejak awal MUI terlibat," jelasnya.
 
Terkait dengan kualitasnya, Erick juga menambahkan, kualitas vaksin yang akan digunakan sudah masuk dalam standar WHO dan telah melakukan uji klinis.
 
"Pemerintah gunakan vaksin yang masuk kategori WHO dan uji klinis 1 dan 2 nya secara terbuka bisa dilihat," ucapnya.
 
Pemerintah tengah menyiapkan sistem untuk program vaksinasi. Program vaksinasi tersebut terdiri dari dua jenis yaitu vaksinasi bantuan pemerintah dan vaksinasi mandiri. Adapun kebutuhan vaksin dipenuhi oleh Sinovac, Novavax, serta vaksin Cova/Gavi.
 
Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per 13 November 2020, kebutuhan vaksinasi di Indonesia mencakup 67 persen dari total populasi usia 18-59 tahun, yakni sebanyak 107.206.544 orang atau sebanyak 235.854.397 dosis vaksin. 
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif