Ilustrasi pemanfaatan layanan digital - - Foto: MI/ Arya Manggala
Ilustrasi pemanfaatan layanan digital - - Foto: MI/ Arya Manggala

Berkat Digitalisasi, BGR Logistics Halau Dampak Pandemi

Ekonomi logistik BUMN pangan pandemi covid-19
Husen Miftahudin • 28 September 2021 18:05
Jakarta: Direktur Utama PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics Kuncoro Wibowo mengakui dampak pandemi covid-19 membuat seluruh sektor bisnis di Indonesia terdampak, tak terkecuali sektor logistik.
 
Namun, BUMN penyedia jasa logistik ini berhasil menghalau dampak pandemi berkat digitalisasi bisnis proses yang dijalankan perusahaan.
 
"BGR Logistics yang telah memulai transformasi bisnis sejak akhir 2018 justru membuat kami bisa bertahan terhadap kondisi ini. Dengan digitalisasi bisnis proses di internal kami, membuat kami bisa menjalankan bisnis di tengah pandemi covid-19," ujar Kuncoro dalam siaran persnya, Selasa, 28 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai contohnya, BGR Logistics tetap memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan secara realtime dan tepat. Dengan begitu, maka pergerakan barang di gudang maupun pada saat perjalanan dari hulu sampai hilir dapat termonitor dengan baik.
 
"Selain itu, kami sudah memulai inovasi bisnis baru, yaitu aplikasi Warung Pangan yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN bersama Kementerian Koperasi dan UKM untuk membantu para UMKM bertahan di tengah pandemi covid-19, dan nantinya untuk mendukung ketahanan pangan di Indonesia," tegas dia.
 
Dari sisi internal, ungkap Kuncoro, perbaikan-perbaikan dan transformasi juga dilakukan untuk mendukung bisnis perusahaan. Di antaranya dengan melakukan pembenahan dan digitalisasi sistem administrasi, keuangan, tata kelola perusahaan, urusan kepegawaian, peningkatan kompetensi karyawan, serta pendukung bisnis lainnya.
 
"Hal-hal tersebut membuat BGR Logistics dipercaya oleh pelanggan di tengah pandemi covid-19 sehingga eksistensi bisnis dapat kami jaga yang berdampak positif bagi kinerja kami di tahun berjalan," tuturnya.
 
Pada 2020, BGR Logistics meraih pendapatan sebesar Rp1,1 triliun dengan laba bersih tahun berjalan sebesar Rp75 miliar. Meskipun di tengah pandemi covid-19, BGR Logistics juga masih menunjukan kinerja positif di antaranya dengan tumbuhnya aktiva sebesar 3,75 persen, ekuitas sebesar 5,0 persen, pertumbuhan laba sebesar 5,0 persen dengan total bobot pertumbuhan sebesar 18,75 persen.
 
Selain itu, BGR Logistics menjadi salah satu perusahaan yang justru mengalami perbaikan solvabilitas di tengah pandemi covid-19. Salah satunya tercermin dari solvabilitas BGR Logistics yang semula 158,25 persen menjadi 33,49 persen.
 
Keberhasilan itu membuat BGR Logistics memperoleh predikat kinerja 'sangat bagus' untuk rating BUMN jasa pergudangan dalam ajang Rating BUMN & Rating Industri Keuangan dan Perbankan Syariah 2021.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif