Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. FOTO: MI/SUSANTO
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. FOTO: MI/SUSANTO

Mendag Optimistis Pameran Bertaraf Internasional Picu Peningkatan Ekspor

Ekonomi ekspor Virus Korona Kementerian Perdagangan
Ilham wibowo • 22 September 2020 14:38
Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto meyakini kegiatan pameran produk bertaraf internasional bisa terus meningkatkan kinerja ekspor nasional. Pasar baru pun diharapkan terus bermunculan terutama negara yang perekonomiannya telah dan akan pulih akibat tertekan pandemi covid-19.
 
"Dengan penerapan pembatasan fisik yang diakibatkan pandemi covid-19, Kemendag melakukan terobosan dengan menggelar ajang Trade Expo Indonesia (TEI) berkonsep virtual untuk terus mendorong keberlanjutan dan peningkatan promosi produk, mengembangkan jejaring bisnis, dan investasi," kata Agus melalui keterangan tertulisnya, Selasa, 22 September 2020.
 
Menurut Mendag Agus pameran virtual TEI ke–35 akan menampilkan berbagai produk ekspor unggulan seperti produk jasa potensial, serta peluang investasi Indonesia yang terbagi dalam lima kategori, yaitu sektor jasa; produk manufaktur; furnitur dan produk kerajinan; makanan dan minuman; serta fesyen dan aksesoris.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita harus bisa meyakinkan calon buyer datang ke TEI untuk berbisnis dengan eksportir Indonesia. Apalagi pelaksanaan pameran secara virtual, memungkinkan lebih banyak buyers hadir dari berbagai negara," ungkapnya.
 
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kasan menambahkan bahwa penyelenggaraan pameran bisa berkontribusi secara langsung terhadap peningkatan ekspor, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Pada gelaran TEI 2019, transaksi yang dihasilkan sebesar USD10,96 miliar atau setara Rp153,38 triliun dengan 1.500 perusahaan sebagai exhibitor.
 
TEI 2019 juga mencatatkan jumlah pengunjung pameran sebanyak 42.796 orang dari 136 negara. Calon tersebut diupayakan bisa kembali diraih perbaikan dan peningkatan kualitas penyelenggaraan TEI 2020 yang penuh tantangan.
.
"Kami berharap TEI akan selalu menjadi agenda utama seluruh buyers mancanegara untuk mencari produk dan partner bisnis yang tepat. TEI ke–35 harus mampu menjadi media yang efektif untuk melakukan diversifikasi pasar maupun produk ekspor,” pungkas Kasan.

 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif