Ilustrasi. (Foto: Dok. Kementan)
Ilustrasi. (Foto: Dok. Kementan)

Respon Gerakan Cepat Tanam, UPJA Siap Olah Lahan Sawah

Ekonomi berita kementan
Gervin Nathaniel Purba • 22 Mei 2020 22:44
Parigi Moutong: Kementerian Pertanian (Kementan) mencanangkan gerakan percepatan tanam di seluruh Indonesia. Hal ini untuk mengantisipasi kemarau yang diperkirakan akan lebih kering dari biasanya.
 
Menyikapi arahan tersebut, Kelompok Unit Pelayanan Jasa Alat Mesin Pertanian (UPJA) Tani Baru, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah sudah siap untuk melakukan pengolahan lahan sawah agar dapat dilakukan perecepatan tanam.
 
Ketua UPJA Tani Baru I Wayan Darmawan menjelaskan, saat ini sedang dilakukan olah tanah untuk persiapan penanaman padi di lahan seluas 25 hektare (ha) dari jumlah lahan yang ada seluruhnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Pengolahan untuk persiapan tanam dilakukan karena mengoptimalkan potensi air yang ada di daerah kami. Kalau terlambat kosekuensinya gagal panen,” ujar Wayan Darmawan, dikutip keterangan tertulis, Jumat, 22 Mei 2020.
 
Kegiatan olah lahan dan tanam padi tersebut didampingi langsung oleh penyuluh pertanian Ni Komang Suardani yang bertugas di Kostratani BPP Sausu, Kabupaten Parigi Moutong. Pengolahan lahan maupun penanaman padi yang dilakukan semuanya mengunakan alat mesin pertanian (alsintan), baik itu traktor roda empat dan alat tanam padi (Rice Transplanter).
 
Penggunaan alsintan tentunya membuat pekerjaan lebih cepat selesai. Jumlah orang yang dibutukan untuk kegiatan tanam tidak banyak, sehingga meminimalkan interaksi orang-orang di lahan dan tetap menerapkan protokol kesehatan.
 
“Sebagai penyuluh yang merupakan bagian dari insan pertanian, kami harus tetap melakukan tugas pokok, yakni mendampingi dan mendorong petani untuk melakukan percepatan taman," kata Komang.
 
"Mengingat pandemi covid-19 masih merebak, tentunya kami tidak ingin krisis pangan melanda daerah kami. Apalagi musim kemarau sudah dekat, sehingga harus mengoptimalkan sumber daya yang ada. Semoga apa yang kami lakukan ini dapat memenuhi kebutuhan pangan utama masyarakat bukan hanya lokal bahkan nasional," katanya.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif