Ilustrasi. FOTO: MI/MOHAMAD IRFAN
Ilustrasi. FOTO: MI/MOHAMAD IRFAN

Pemerintah Gratiskan Pengguna Listrik 450 VA

Ekonomi pln Virus Korona tarif listrik Stimulus Ekonomi Imbas Korona
Nur Azizah • 31 Maret 2020 16:39
Jakarta: Pemerintah akan menggratiskan pengguna listrik dengan kapasitas 450 Volt Ampere (VA) selama tiga bulan sejak awal April 2020. Total ada sekitar 24 juta pengguna yang berlangganan listrik dengan kapasitas tersebut.
 
"Sedangkan untuk pelanggan 900 VA yang jumlahnya sekitar tujuh juta pelanggan akan bayar paruh (50 persen) untuk April, Mei, dan Juni," ujar Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 31 Maret 2020.
 
Pemerintah juga bakal memberikan stimulus keuangan kepada masyarakat akibat pendemi covid-19. Di antaranya, menambah jumlah penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jumlah keluarga penerima akan ditingkatkan dari 9,2 juta menjadi 10 juta keluarga penerima manfaat, sedangkan besaran manfaatnya akan dinaikkan 25 persen," jelas Jokowi.
 
Rinciannya, komponen untuk ibu hamil naik dari Rp2,4 juta menjadi Rp3 juta per tahun. Komponen anak usia dini menjadi Rp3 juta per tahun, dan komponen disabilitas Rp2,4 juta per tahun.
 
Kebijakan ini efektif mulai April 2020. Penerima Kartu Sembako Murah (KSM) akan ditambah dari 15,2 juta penerima menjadi 20 juta penerima. Nilai manfaatnya pun akan bertambah 30 persen dari Rp150 ribu menjadi Rp200 ribu.
 
"Ini akan diberikan selama sembilan bulan," kata dia.
 
Baca: Pemerintah Tetapkan Status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat
 
Jokowi menerangkan pemerintah mencadangkan Rp25 triliun untuk antisipasi kebutuhan pokok. Anggaran Kartu Prakerja juga dinaikkan dari Rp10 triliun menjadi Rp20 triliun.
 
"Jumlah penerima manfaat menjadi 5,6 juta orang, terutama ini adalah untuk pekerja informal serta pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak covid-19. Nilai manfaatnya adalah Rp650 ribu sampai Rp1 juta per bulan selama empat bulan ke depan," terang Jokowi.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif